kehamilan

Wow! Atlet AS Bantu Istri Melahirkan di Rumah Gara-gara Bidan Telat

Muhayati Faridatun Minggu, 17 Nov 2019 14:18 WIB
Wow! Atlet AS Bantu Istri Melahirkan di Rumah Gara-gara Bidan Telat
Jakarta - Atlet ski Amerika Serikat (AS), Bode Miller melakukan hal yang tak pernah terpikirkan selama hidupnya. Ia membantu sang istri, Morgan Beck Miller melahirkan di rumah. Wow!

Dikutip dari Yahoo Sports, Beck melahirkan pada 8 November lalu. Proses persalinan mantan atlet voli pantai ini sangat dramatis karena bidan yang menanganinya tak datang tepat waktu.


Hingga akhirnya, sang suami yang membantu Beck melahirkan di rumah. Bersyukur, Miller tak sendirian. Ia didampingi sang ibu, Jo Kenney yang ternyata pernah beprofesi sebagai bidan.


Meski begitu, Miller mengaku pengalaman itu adalah hal gila yang pernah dilakukan sepanjang hidupnya. Peraih medali emas Olimpiade ini pun sangat bersyukur ada sang ibu yang mendampingi persalinan istri tercinta.

"Saat mereka lahir, saya dan ibu saya memegang mereka. Beruntung, ibu saya dahulu seorang bidan. Tapi, dia sudah 20 tahun lebih tidak menangani persalinan dan tidak pernah membantu persalinan kembar," tutur Miller, dilansir Daily Mail.

Putra kembar Morgan Beck dan Bode MillerPutra kembar Morgan Beck dan Bode Miller/ Foto: Instagram @morganebeck
Sang istri pun tak pernah mengira kalau kelahiran putra kembarnya akan dramatis. Beck menganggap itu adalah satu keajaiban, dimana Miller dan sang ibu berhasil menangani langsung kelahiran putra kembarnya.

"Sungguh luar biasa bisa melakukannya dengan spontan, tapi kami melakukannya dengan baik," ucap Beck.

Ya, apa yang dialami Beck memang di luar rencana. Wanita 32 tahun itu harus melahirkan di rumah tanpa persiapan medis, lantaran bidan yang ditunggu tak kunjung datang sampai persalinan tiba.

Terkait kejadian ini, tren melahirkan di rumah memang makin populer di AS. Dikutip dari Parents, para ibu hamil memilih melahirkan di rumah dengan berbagai macam alasan. Termasuk alasan tingkat intervensi yang lebih rendah dan perawatan yang lebih personal.

Meski jumlah ibu hamil yang melahirkan di rumah kurang dari 2 persen, tren ini menyita perhatian dan bahkan menimbulkan kontroversi. Persalinan di rumah merupakan pilihan yang masih sering disalahpahami.


Sebaiknya, bidan yang menangani persalinan di rumah adalah bida profesional bersertifikat. Ia juga harus berpengalaman membantu persalinan di rumah, datang dengan alat, sudah dibekali pelatihan, dan keahlian. Demikian disampaikan Marinah Farrell, seorang bidan profesional bersertifikat (CPM) di Arizona.

"Standar perawatan bagi bidan untuk keadaan darurat termasuk obat-obatan, seperti Pitocin, atau oxytocin sintesis untuk digunakan dalam kasus perdarahan, oksigen, infus, peralatan untuk memantau dan mencatat tanda-tanda vital pada ibu dan bayi," jelas Farrell.

Ia menambahkan, bidan yang menangani persalinan di rumah juga harus membawa peralatan untuk pertolongan pertama, alat untuk menjahit, dan memberikan obat pada bayi baru lahir seperti salep mata dan vitamin K, juga untuk ibunya seperti Rhogam.

Bunda, simak juga curahan hati dr.Reisa Broto Asmoro tentang pengalaman melahirkan secara caesar, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi