kehamilan

Contoh Hamil Tanpa Gejala, Dialami Model hingga Pelari

Maya Sofia Rabu, 20 Nov 2019 07:00 WIB
Contoh Hamil Tanpa Gejala, Dialami Model hingga Pelari
Jakarta - Baru-baru ini seorang model asal Australia Erin Langmaid sangat terkejut saat tahu ia melahirkan seorang bayi perempuan di kamar mandi. Sebab selama ini, perempuan berusia 23 tahun tersebut tak menyadari bahwa ia sedang hamil.

Langmaid mengaku tak pernah mengalami gejala hamil apapun, seperti mual di pagi hari hingga mengidam. Bahkan perut Langmaid juga tidak membuncit layaknya seorang ibu hamil.


"Aku masih syok, tapi kami berusaha menyesuaikan diri dan ini adalah hidup kami sekarang. Kami tidak akan mengubahnya," ujar Langmaid dikutip dari Insider.


Kisah Langmaid mungkin terdengar unik. Tapi ternyata kasus kehamilan semacam ini atau biasa juga disebut kehamilan samar (cryptic pregnancy) bukan kasus yang langka.

Mengutip WebMD, penelitian menunjukkan bahwa satu dari 400 atau 500 ibu hamil baru menyadari dirinya hamil setelah kandungannya memasuki 20 minggu. Menurut konsultan ginekologi dan kebidanan, dr.Isis Amer-Wahlin, kehamilan samar tidak hanya tak diketahui oleh sang ibu, tetapi juga orang-orang di sekitarnya.

"Dalam banyak kasus, perubahan fisik yang diperkirakan terjadi ketika seorang perempuan hamil tidak terlihat," ucapnya.

"Sementara dalam kasus paling ekstrem, seorang perempuan tak tahu bahwa ia hamil sampai memasuki persalinan."

Menurutnya ada beberapa penyebab kenapa seorang ibu tidak menyadari dirinya hamil. Penyebab itu antara lain karena sangat atletis, siklus haid yang tidak teratur, dan memiliki tipe tubuh yang tidak mudah membuncit sehingga mampu menyembunyikan kehamilan selama berbulan-bulan.

Contoh Hamil Tanpa Gejala, Dialami Model hingga PelariContoh hamil tanpa gejala. (Foto: Thinkstock)

Nah selain Langmaid, berikut beberapa kasus contoh hamil tanpa gejala yang sempat menghebohkan dunia dikutip dari berbagai sumber.

1. Seorang ibu di Iowa, Amerika Serikat (AS), Shelby Magnani, baru tahu ia hamil anak kembar di usia kandungan enam bulan. Ia baru mengetahui hamil setelah mengalami sakit perut dahsyat dan dibawa ke UGD.

2. Kisah lainnya dari contoh hamil tanpa gejala datang dari Inggris. Seorang ibu bernama Klara Dollan terbangun pada dini hari karena mengalami kram perut hebat. Namun kondisi tersebut tidak digubrisnya dan ia menenggak pil untuk meredakan rasa sakit.

Mengingat saat itu hari pertamanya kerja, ia memutuskan untuk tetap berangkat ke kantor. Namun siapa sangka, beberapa jam kemudian, Dollan melahirkan seorang bayi perempuan di kediamannya.

Dollan mengaku siklus haidnya memang tidak teratur. Ia juga sedikit mengalami kenaikan berat badan. Namun Dollan tidak mengalami ciri-ciri hamil, seperti mengidam dan mual.

3. Pada tahun 2013, seorang pelari maraton di AS bernama Trish Staine dikejutkan dengan kelahiran putrinya. Staine termasuk contoh hamil tanpa gejala yang kisahnya sempat menghebohkan.

Saat itu ia baru menjalani latihan selama dua jam sebagai persiapan lari maraton. Namun pada pagi harinya, Staine mengalami sakit punggung luar biasa.

Staine mengira ia mengalami otot yang tertarik. Setelah itu ia pun dibawa ke rumah sakit dengan ambulans. Ternyata Staine tengah hamil dan saat itu ia sudah dalam kondisi akan melahirkan.

Staine kemudian berhasil melahirkan bayi perempuan lima menit kemudian. "Saat di UGD, mereka menemukan detak jantung janin," ucapnya.

Menarik ya kisah mereka, Bun. Kalau Bunda baru tahu hamil di usia kandungan berapa minggu?

Bunda juga bisa simak kondisi perempuan yang rentan hamil anggur dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi