kehamilan

Penyebab Cryptic Pregnancy yang Bikin Ibu Tak Sadar sedang Hamil

Radian Nyi Sukmasari Senin, 30 Sep 2019 12:00 WIB
Penyebab Cryptic Pregnancy yang Bikin Ibu Tak Sadar sedang Hamil
Jakarta - Kehamilan samar yang disebut juga dengan cryptic pregnancy merupakan kehamilan yang tak disadari, sampai minggu akhir kehamilan bahkan sampai melahirkan, Bunda. Apa sih penyebab kehamilan ini?

Beberapa studi menunjukkan bahkan dokter dan kerabat tidak mengetahui kehamilan ini. Kebanyakan kasus cryptic pregnancy ditandai dengan perdarahan pseudo-menstruasi. Kemudian, minimnya gejala kehamilan yang khas seperti mual, muntah dan, nyeri perut. Demikian disampaikan farmakolog klinis Dr.Ananya Mandal.

"Untuk faktor risikonya sendiri belum diketahui pasti. Sebuah studi menunjukkan wanita yang mengalami kehamilan samar justru mendapat support yang baik dari orang sekitar," kata Mandal dilansir News Medical.


Nah, ketika ibu mengalami cryptic pregnancy, dia bisa mengalami tekanan psikologi, persalinan tanpa bantuan dan perawatan neonatal, serta membuat ibu dan bayinya dalam risiko.

Dikutip dari Health Line, ahli gizi Debra Sullivan, PhD, mengatakan kebanyakan orang memperhatikan gejala kehamilan seperti payudara lunak dan bengkak, mood swing, kelelahan, dan mual sejak awal trimester pertama. Namun, ketika Bunda mengalami kehamilan samar, kata Sullivan enggak ada yang memicu kondisi yang membuat Bunda curiga sedang hamil.

"Tes kehamilan bisa menunjukkan hasil negatif bahkan setelah Anda telat haid. Lalu, kondisi mual bisa Anda abaikan dan dianggap sebagai gejala gangguan cerna juga flu berat ketika badan terasa tak enak," papar Sullivan.

Lalu, ketika haid tidak teratur dan disebut punya masalah kesuburan, menurut Sullivan para ibu cenderung tidak mempertimbangkan kemungkinan hamil. Nah, kenapa gejala kehamilan bisa tidak dialami seorang wanita? Sebabnya, kadar hormon kehamilan yakni progesteron dan estrogen yang rendah, Bun.

"Fluktuasi hormon bisa menyebabkan sedikit pendarahan dan sering dianggap haid. Jika siklus haid amat teratur, wanita umumnya berpikir itu adalah waktunya haid," tambah Sullivan.

Penyebab Cryptic Pregnancy yang Bikin Ibu Tak Sadar sedang HamilPenyebab Cryptic Pregnancy yang Bikin Ibu Tak Sadar sedang Hamil/ Foto: Istock
Beberapa kondisi yang terkait kehamilan samar adalah Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS), kemudian perimenopause yang memiliki gejala mirip dengan kehamilan seperti bobot naik dan perubahan suasana hati. Pemakaian kontrasepsi juga berpengaruh. Jadi, ketika hamil Bunda enggak merasakannya karena berpikir sudah 'aman'

"Lalu, kadar emak dalam tubuh amat rendah dan sering melakukan aktivitas fisik yang berat. Anda bisa tidak haid selama berbulan-bulan dan memiliki kadar hormon rendah sehingga lebih sulit mendeteksi kehamilan," kata Sullivan.



"Proses persalinan pada cryptic pregnancy sama saja dengan persalinan pada umumnya. Hanya saja, karena ibu tak sadar dirinya hamil mungkin dia belum siap secara psikis menjadi ibu atau kurangnya bantuan medis. Untuk itu, jika merasakan perut kram bahkan sampai kontraksi hebat, segeralah cek ke dokter," ujarnya.

Simak pula fakta air kelapa buat ibu hamil di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi