kehamilan

Hamil atau Hanya Sekadar Perut Kembung? Ini Cara Membedakannya

Maya Sofia Jumat, 22 Nov 2019 15:20 WIB
Hamil atau Hanya Sekadar Perut Kembung? Ini Cara Membedakannya
Jakarta - Bunda suka bingung enggak sih membedakan hamil muda dengan perut kembung? Hal ini sering membingungkan karena gejalanya hampir mirip.

Mengutip Medical News Today, kembung adalah perasaan kenyang di perut. Perut kembung umum dialami orang dan penyebabnya beragam. Namun yang jelas kebanyakan orang akan mengalami kembung dari waktu ke waktu.


Sementara pada perempuan, kembung bisa disebabkan oleh kehamilan. Hanya saja karena banyak gejala kehamilan yang tidak unik sehingga sulit membedakan antara kembung atau hamil.


Apabila seseorang aktif secara seksual dan memiliki gejala tertentu, seperti kembung, bisa saja ia hamil. Tapi masalahnya adalah banyak faktor lain yang juga bisa menyebabkan Bunda kembung.

Cara termudah untuk mengetahui Bunda kembung atau hamil adalah dengan mengecek siklus menstruasi atau haid. Hal ini bisa membantu menentukan apakah Bunda sedang hamil atau hanya kembung saja.

Kemudian cara lainnya untuk menentukan seseorang kembung atau hamil adalah dengan melakukan tes kehamilan. Bunda bisa membeli alat untuk mengecek kehamilan atau test pack di apotek.

Hamil atau Hanya Sekadar Perut Kembung? Ini Cara MembedakannyaHamil atau hanya perut kembung? Ini cara membedakannya. (Foto: iStock)

Namun perhatikan juga bahwa tes kehamilan di rumah menggunakan test pack bisa memperlihatkan hasil negatif palsu. Hal ini utamanya terjadi di awal kehamilan. Nah jika Bunda masih belum yakin benar, konfirmasi kehamilan dengan tes darah, tes urine, hingga USG.

Sementara itu dari semua ciri-ciri awal kehamilan, perut kembung adalah hal yang sering terjadi pada minggu kedua awal kehamilan. Perut kembung sering menyebabkan rasa tidak nyaman bagi beberapa ibu hamil, bahkan menyebabkan susah memakai celana.

Perut kembung bisa disebabkan peningkatan hormon progesteron selama awal kehamilan. Menurut Heidi Murkoff, penulis buku What to Expect, hormon progesteron menyebabkan jaringan otot polos di saluran cerna menjadi rileks sehingga menyebabkan perut kembung.

"Akibat otot yang relaks, sistem pencernaan dan aliran darah ke janin menjadi lambat lalu menyebabkan perut terasa kembung dan kadang disertai kram perut," ujar Murkoff, dikutip dari What to Expect.


Selain perut kembung, ternyata banyakibuyangtidka menyadari kehamilannya. Seperti diceritakan Reisa dalam tayangan berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi