kehamilan

Hamil Muda Suka Makan Pedas Bisa Sebabkan Kontraksi? Simak Penjelasannya

Siti Hafadzoh Selasa, 03 Dec 2019 14:41 WIB
Hamil Muda Suka Makan Pedas Bisa Sebabkan Kontraksi? Simak Penjelasannya
Jakarta - Banyak mitos mengenai makanan, yang tidak boleh dikonsumsi selama hamil muda. Salah satunya adalah makanan pedas. Apakah benar ibu hamil muda tidak boleh makan pedas?

Mungkin Bunda pernah dengar kalau makan pedas ketika hamil muda akan menyebabkan kontraksi dan berpengaruh buruk terhadap janin. Faktanya, selama tidak dikonsumsi secara berlebihan, makanan pedas boleh-boleh saja kok.


Dilansir Firtscry Parenting, mengonsumsi makanan pedas ketika hamil muda atau kehamilan di trimester pertama sebenarnya relatif aman. Makanan pedas juga tidak mempengaruhi perkembangan janin, Bun.


Sebuah penelitian menemukan bahwa rasa makanan yang dikonsumsi ibu akan mengalir ke cairan ketuban. Apa yang dimakan ibu selama hamil, akan membentuk preferensi makanan bayinya di kemudian hari. Jadi, konsumsi makanan pedas akan membuat cairan ketuban sedikit lebih pedas akan membuat bayi terbiasa dengan rasa pedas tersebut sejak dalam rahim.

Hamil Muda Suka Makan Pedas Bisa Sebabkan Kontraksi? Simak PenjelasannyaIlustrasi makanan pedas/ Foto: iStock

Namun, meski makanan pedas tidak berpengaruh pada perkembangan janin ketika hamil muda, makanan pedas akan berdampak buruk bagi pencernaan. Mengutip Pregnancy Magazine, mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan diare. Ibu hamil rentan terhadap mulas.

"Karena ibu hamil cenderung mengalami mulas, mungkin lebih baik menghindari makanan yang lebih pedas," kata Jennifer Jordan, direktur Mom and Baby dikutip dari Romper.

Jadi, Bunda yang sedang hamil muda tetap perlu membatasi makanan pedas ya. Jangan sampai makanan pedas malah membuat perut Bunda mulas.

Hamil Muda Suka Makan Pedas Bisa Sebabkan Kontraksi? Simak PenjelasannyaFoto: InsertLive


Bunda bisa simak tips agar kulit tidak kering ketika hamil di video berikut ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi