sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda Perlu Tahu, Sunah dan Bacaan Doa Saat Bayi Baru Lahir

Kinan Selasa, 14 Apr 2020 19:20 WIB
Baby, Newborn, Hand, Pregnant, Sleeping caption
Jakarta -

Saat bayi baru lahir, berbagai perasaan yang datang rasanya campur aduk ya, Bun? Ada rasa bahagia, lega, sekaligus khawatir tentang apakah Bunda bisa menjalani peran sebagai ibu dengan baik.

Agar hati selalu tenang dan momen kelahiran bayi terasa lebih menyenangkan, jangan lupa tetap terapkan sunah dan membacakan doa-doa yang baik, ya.


Dikutip dari buku Doa 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak yang ditulis oleh Ridwanul Hakim Subki, ada beberapa sunah yang sebaiknya dilakukan saat bayi lahir.

Beberapa di antaranya yakni mengumandangkan azan pada telinga kanan bayi, membaca surah Al-Qadar, serta membaca surah Al-Ikhlash pada telinga kanan bayi.

Selain itu, ada baiknya dibacakan juga ayat 36 surah Al-Imran, Bun. Bacaannya sebagai berikut:

Falammaa wa dho'atha qolat robbi innii wa dho'tuha untsaa walloohu 'alamu bima wadhoat walaisadz dzakaru kal unstaa wainnii sammaituha maryama wa innii u'idzuha bika wadzurriyyataha minasy syaitoonirrojiimi.

Artinya:

"Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: 'Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari setan yang terkutuk (QS. Al-Imran: 36)

Semoga kelak bayi Bunda tumbuh menjadi anak yang sehat dan soleh/solehah, ya.


Simak juga tips mencari kado untuk bayi baru lahir, di video berikut:


[Gambas:Video Haibunda]

(Kinan/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi