Sign Up search


parenting

5 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir yang Perlu Bunda Siapkan

Annisa Karnesyia Jumat, 20 Mar 2020 12:42 WIB
5 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir yang Perlu Bunda Siapkan caption
Jakarta - Bayi baru lahir yang sudah pulang ke rumah, bisa mulai dimandikan, Bun. Untuk itu, jangan lupa menyiapkan perlengkapan mandi untuk si kecil ya.

Di satu tahun pertama usianya, bayi mungkin hanya butuh sekitar tiga kali mandi dalam seminggu. Terlalu sering mandi bisa membuat kulit bayi menjadi kering.


Menurut dokter anak Karen Gill, MD, FAAP, menambahkan waktu mandi ke rutinitas bayi adalah sesuatu yang dapat segera dimulai setelah bayi lahir. Beberapa dokter anak merekomendasikan untuk menunda bayi sampai berusia beberapa hari.


Hal itu karena setelah lahir, bayi akan ditutupi vernix, yang merupakan zat lilin pada kulit yang melindunginya dari kuman di lingkungan. Namun, setelah bayi dibawa pulang, kita bisa mulai memandikannya dengan spons.

"Anda dapat membersihkan kepala, tubuh, dan area popok. Ini adalah cara paling aman untuk memandikan bayi sampai tali pusatnya lepas," kata Gill, dikutip dari Healthline.

Ilustrasi bayi mandiIlustrasi bayi mandi/ Foto: iStock

Nah, cara aman lainnya adalah menyiapkan perlengkapan mandi yang sesuai untuk bayi baru lahir. Dilansir Babycenter dan WebMD, berikut daftar perlengkapan mandi untuk si kecil.

1. Bak mandi bayi

Pilihlah bak mandi yang dibuat dengan kokoh. Di pasaran, sudah banyak dijual bak mandi yang dirancang untuk bayi baru lahir hingga usia 1 tahun.

2. Sabun dan sampo

Carilah formula sabun dan sampo yang sesuai kulit bayi. Pilih merek yang tidak mengandung 'wewangian'. Hindari kandungan phthalate dalam produk sabun dan sampo bayi.

3. Handuk mandi

Bunda bisa beli sekitar 2 hingga 3 handuk khusus untuk mandi. Jangan pilih handuk yang terlalu besar, cukup yang nyaman dan bisa membungkus badan bayi dan mengeringkan setelah mandi.


4. Kain waslap

Kain waslap bisa diletakkan di bagian bawah bak mandi bayi. Gunanya agar bayi tidak tergelincir saat mandi. Siapkan sekitar 4 hingga 6 kain waslap untuk mandi ya, Bun.

5. Spons mandi

Spons mandi khusus bayi bisa digunakan untuk membersihkan tubuh bayi. Pilihlah spons yang lembut untuk beberapa minggu pertama sampai tali pusar lepas dan sembuh.

Bunda, simak juga cara tepat memandikan bayi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi