sign up SIGN UP search


kehamilan

Alasan Ibu Hamil Tak Perlu Khawatir Berlebihan Menghadapi Corona

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 15 Apr 2020 07:00 WIB
beauty pregnant woman smile and think something at home caption
Jakarta - Merebaknya wabah covid-19 memicu kepanikan di kalangan masyarakat. Tak terkeculi para ibu hamil yang hendak melahirkan dalam waktu dekat.

Menurut Marc Incerpi, maternal-fetal medicine specialist di Keck Medicine of USC, para ahli percaya risiko infeksi covid-19 untuk bayi dalam kandungan sangatlah rendah.


"Kehamilan akan menekan sistem kekebalan wanita sampai batas tertentu. Namun, ini tidak berarti wanita hamil lebih rentan terkena covid-19 daripada wanita yang tidak hamil. Sebaliknya, jika mereka terinfeksi, mereka mungkin memiliki risiko lebih besar mengalami komplikasi pernapasan yang lebih parah. Bumil pun juga menghadapi risiko serupa yang lebih tinggi dengan kondisi lain seperti flu biasa," kata Incerpi dikutip dari laman USC.


Lebih lanjut Incerpi menjelaskan bahwa risiko infeksi pada bayi dalam kandungan karena terlahir dengan virus corona sangat rendah. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk tidak khawatir berlebihan.

Alasan Ibu Hamil Tak Perlu Khawatir Berlebihan Menghadapi CoronaAlasan Ibu Hamil Tak Perlu Khawatir Berlebihan Menghadapi Corona/ Foto: iStock

Dr Roxanna A. Irani, M.D, Ph.D, seorang direktur medis kebidanan rawat jalan di Universitas California, San Francisco mengatakan bahwa dalam wabah virus lain di masa lalu seperti SARS dan MERS, beberapa wanita hamil yang terinfeksi virus mengalami keguguran dan kelahiran prematur.

Namun sepertinya hal ini belum terbukti pada virus covid-19. Melansir dari NYtimes, infeksi parah seperti flu memang dapat menempatkan orang hamil pada risiko lebih tinggi untuk persalinan prematur. Tetapi masih tidak diketahui apakah pada virus corona terbukti sama, Bun.


Jadi, para Bunda yang sedang hamil diharapkan tidak perlu panik dan tetap mengutamakan kesehatan serta menjaga asupan sehat setiap hari demi imunitas tubuh yang tetap prima. Serta, tetaplah berpikir positif dan selalu berbahagia karena ketenangan hati menjadi kunci tubuh tetap fit.

Semoga membantu dan tetap sehat selalu sampai persalinan ya, Bun!

Nah, agar tak panik berlebihan, Bunda juga perlu menyimak pengetahuan mengenai corona dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi