sign up SIGN UP search


kehamilan

Seberapa Umum Wanita Bisa Rasakan Gejala Hamil?

Asri Ediyati Kamis, 07 May 2020 08:02 WIB
ilustrasi hamil caption
Jakarta - Sebagian wanita tak sadar kalau dirinya sedang hamil. Namun, ada pula wanita yang merasa hamil beberapa hari setelah konsepsi.

Nah, bagi wanita yang tidak sadar kalau sedang hamil, menurut Jane van Dis, M.D., OB-GYN dan direktur medis di Maven Clinic, dari pengalaman pasiennya, mereka selalu melaporkan bahwa siklus menstruasinya tidak teratur.


"Mereka tidak terkejut atau menyelidiki jika, misalnya, mereka melewatkan menstruasi mereka selama dua, tiga, atau bahkan empat bulan," jelas van Dis dikutip dari Parents.


Menurut penelitian dalam Jurnal Royal Society of Medicine, 1 dari 475 wanita mungkin tidak menyadari bahwa mereka hamil sampai 20 minggu, dan 1 dari 2.500 wanita lain hanya mengetahui bahwa mereka hamil begitu mereka melahirkan. Kasus hamil yang tak punya gejala dalam empat hingga enam minggu termasuk jarang terjadi.

"Jumlah ini tidak aktif dalam dua minggu karena sebagian besar wanita tahu hari menstruasi mereka tetapi mereka tidak tahu hari pembuahan," kata Dr. van Dis.
ilustrasi hamililustrasi hamil/ Foto: iStock

Kapan gejala hamil muncul? Gejala pertama biasanya muncul sekitar 14 hari setelah implan telur yang dibuahi ke dinding rahim. Gejala yang terjadi mungkin termasuk mual, nyeri payudara, dan perubahan warna puting. Ini bisa berhari-hari atau berminggu-minggu.

Namun, faktanya, hampir 30 persen wanita yang disurvei oleh American Pregnancy Association mengatakan mereka melewatkan periode menstruasi mereka sebelum gejala kehamilan dimulai.

"Sebagian besar gejala kehamilan akan muncul dalam enam minggu pertama," kata Kecia Gaither, M.D., MPH, FACOG, OB-GYN bersertifikasi papan ganda, dan direktur layanan perinatal di NYC Health and Hospitals, Lincoln.


Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi