sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Mitos dan Fakta Ciri-ciri Hamil Bayi Perempuan yang Perlu Diketahui

Asri Ediyati Selasa, 05 May 2020 07:00 WIB
Baby shoes on the pregnant woman belly caption
Jakarta - Ciri-ciri hamil bayi perempuan konon berbeda dengan hamil bayi laki-laki. Beberapa orang pun meyakini ciri-ciri spesifik tersebut lantaran sesuai dengan apa yang mereka alami. Akan tetapi, benarkah faktanya demikian?

Meskipun terdengar menyenangkan untuk mengetahui ciri-ciri spesifik tersebut, sebagian besar ahli setuju bahwa tak ada banyak kebenaran bagi sebagian besar mitos yang beredar di luar sana.


Untuk itu, perlu kita ketahui bersama nih mitos dan fakta ciri-ciri hamil bayi perempuan:


1. Bentuk perut yang naik

Mitos mengatakan jika bentuk perut Bunda naik bukan turun berarti hamil bayi perempuan. Faktanya, perut yang naik sebenarnya lebih mungkin menjadi pertanda gangguan pencernaan daripada jenis kelamin bayi. Bentuk perut yang naik bisa juga posisi bayi dalam perut.

"Itu benar-benar tergantung pada posisi bayi dan jumlah bayi yang pernah Anda miliki sebelumnya yang terutama memengaruhi penampilan perut dan rahim ibu, serta bagaimana ia mengandung berat badan saat hamil," ujar Kameelah Phillips, M.D., IBCLC, dan OB-GYN untuk Calla Women's Health di New York.

2. Suami bertambah berat badan

Mitos mengatakan jika pasangan bertambah berat bersama Bunda, maka ada peluang bagus untuk memiliki seorang gadis. Faktanya, Phillips mengungkap bahwa kenaikan berat badan ayah tak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi.
Ibu Hamil MualIbu Hamil Mual/ Foto: iStock

3. Wajah berjerawat

Mitos mengatakan jika kulit Bunda berjerawat tandanya hamil bayi perempuan. Banyak yang bilang bahwa si kecil dalam perut 'mencuri' kecantikan sang bunda.

Faktanya, hal-hal seperti jerawat dan kenaikan berat badan itu umum terjadi dalam kehamilan tidak peduli jenis kelamin bayinya.

4. Morning sickness yang parah

Mitos morning sickness berarti hamil bayi perempuan masih dipercaya sebagian ibu hingga sekarang. Faktanya, penelitian terbaru mengatakan bahwa ibu hamil yang berurusan dengan mual dan muntah lebih cenderung punya anak laki-laki. Namun, bisa juga morning sickness ini tergantung pada kondisi fisiologi sang ibu.
ibu hamilibu hamil/ Foto: iStock
5. Ngidam yang manis-manis

Mitos yang beredar mengatakan bahwa mengidam makanan manis berarti sedang mengandung bayi perempuan, sementara mengidam asin atau gurih mungkin lebih mengindikasikan hamil bayi laki-laki.

Faktanya, menurut Phillips, tidak ada kebenaran nyata untuk mitos gender yang sangat populer ini. "Sering dikatakan bahwa ngidam makanan manis adalah indikasi bahwa seorang gadis kecil akan datang. Ini konsisten dengan banyak asosiasi budaya dengan 'gadis kecil yang manis.' Namun, tidak ada hubungan langsung dengan mengidam makanan manis dan jenis kelamin bayi," jelasnya dikutip dari Parents, (4/5/2020).

6. Urine berwarna kuning cerah

Mitos menunjukkan bahwa urine berwarna cerah berarti Bunda akan menyambut bayi perempuan. Faktanya urine bervariasi sepanjang hari dan lebih banyak berkaitan dengan hidrasi, infeksi, vitamin, dan diet daripada yang lainnya.

7. Detak jantung bayi yang cepat

Mitos mengatakan janin laki-laki biasanya memiliki detak jantung yang 140 denyut per menit atau lebih lambat, sedangkan jantung anak perempuan berdetak sedikit lebih cepat, pada 140 denyut per menit atau lebih tinggi.

Faktanya, meskipun beberapa sumber merasa ada kebenaran pada mitos gender ini, penelitian terbaru menyatakan belum dapat menemukan jawaban konklusif atas ini.


Simak juga ciri-ciri hamil yang bisa kita lihat dari perubahan kulit:

[Gambas:Video Haibunda]



 
(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi