sign up SIGN UP search


kehamilan

Ini Pentingnya Pergi ke Dokter Gigi Sebelum Bunda Program Hamil

Asri Ediyati Senin, 11 May 2020 07:00 WIB
Child having a dental examination caption
Jakarta - Sebelum memulai program hamil, seorang wanita atau calon ibu harus melakukan persiapan. Selain perbaiki gaya hidup, ada satu yang tak boleh terlupakan. Ya, pergi ke dokter gigi.

Kenapa harus ke dokter gigi sebelum program hamil? Mungkin ini kelihatannya sama sekali enggak berhubungan dengan kesuburan, namun menurut Robert A. Greene, MD, salah satu penulis Perfect Hormone Balance for Fertility mengatakan, memeriksakan gigi dan gusi sebelum kehamilan adalah langkah bijak lain.


Terlebih, semakin banyak penelitian yang menghubungkan kesehatan mulut dengan kehamilan yang sehat. Salah satu hasil penelitian menunjukkan wanita dengan penyakit gusi yang tidak diperiksa lebih rentan mengalami keguguran, kelahiran prematur, dan preeklampsia.


"Bahkan, menyikat gigi, flossing, dan mengunjungi dokter gigi secara teratur dapat mengurangi risiko keguguran Anda hingga 70 persen," kata Greene dikutip dari Parents.

Sementara itu menurut drg.Oktaria Sakina, memang penting untuk mengontrol gigi sebelum program hamil. Ini disebabkan adanya kondisi hormonal.
Ilustrasi pasanganIlustrasi pasangan/ Foto: Getty Images/Peopleimages

'"Kita tuh harus kontrol gigi jauh sebelum hamil. Adanya kondisi ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron, sehingga ada beberapa penyakit yang terjadi di gigi dan gusi yang hanya terjadi pada ibu hamil, salah satunya gingivitis gravidarum," ungkapnya kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Gingivitis gravidarum adalah bergejolaknya hormon kehamilan, estrogen dan progesteron, sehingga risiko terjadinya proses inflamasi atau radang gusi jadi lebih besar.

"Gusi jadi membengkak karena pengaruh hormon. Sebenarnya bisa kok kita cegah, yaitu dengan kontrol rutin ke dokter gigi sebelum hamil," tutur dokter yang akrab disapa Ria ini.


Simak juga ciri hamil berdasarkan perubahan kulit:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi