sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tips Pilih Asupan untuk Mengatasi Morning Sickness pada Ibu Hamil

Kinan Rabu, 06 May 2020 14:30 WIB
5 Tips Pilih Asupan untuk Mengatasi Morning Sickness pada Ibu Hamil 5 Tips Memilih Asupan untuk Mengatasi Morning Sickness/ Foto: shutterstock
Jakarta - Morning sickness menjadi salah satu kondisi umum yang dialami oleh ibu hamil. Meski kerap dianggap wajar, tetap saja kadang terasa mengganggu ya, Bun.

Dilansir Healthline, morning sickness biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan. Biasanya ditandai dengan rasa mual dan muntah terutama di pagi hari.


Sampai saat ini, para ilmuwan belum sepenuhnya meyakini mengapa morning sickness bisa terjadi. Tetapi diduga kuat ini karena hormon kehamilan.


Menurut Miriam Erick, MS, RDN, akan lebih baik jika Bunda mengonsumsi makanan dengan aroma yang tidak terlalu kuat. Ini karena saat hamil indra penciuman akan menjadi lebih sensitif.

Apa saja pilihan asupan yang baik dikonsumsi saat sedang mengalami morning sickness? Berikut daftarnya, Bun:

1. Makan lebih awal

Hindari sengaja menunda jam makan saat kehamilan trimester pertama, ini bisa membuat morning sickness lebih mungkin terjadi. Jika bisa, sedia selalu camilan seperti biskuit di samping tempat tidur. Dengan begitu, Bunda bisa segera ngemil seawal mungkin.

Dilansir Parents, Erick menyebutkan perut yang kosong berpotensi menyebabkan mual berlebih pada ibu hamil.

2. Pilih asupan dingin

Untuk mengatasi mual, cobalah untuk memilih asupan yang dingin. Misalnya seperti yoghurt, es krim atau sorbet. Asupan yang bersuhu panas pada sebagian orang dapat memicu refleks muntah.

3. Manfaatkan buah lemon

Selalu sedia lemon di dekat Bunda. Selain aromanya yang menyegarkan, lemon bisa dibuat menjadi berbagai asupan penghilang mual. Misalnya diperas menjadi sari lemon. Rasa khas lemon dapat menenangkan perut saat mual di pagi hari.

4. Penuhi kebutuhan vitamin

Ilustrasi makan sayurIlustrasi makan sayur/ Foto: iStock


Jangan lupa memilih asupan yang kaya akan vitamin A dan vitamin B untuk mencegah mual berlebih. Misalnya seperti kacang kenari, wortel, bayam, ubi dan pisang.

Selain untuk meminimalkan morning sickness, nutrisi ini juga diperlukan ibu hamil untuk menjaga jaringan otot lebih kuat. "Saat beban perut semakin bertambah, pusat gravitasi bergeser ke depan. Otot dan tulang belakang pun jadi rentan cedera," ujar ahli ortopedi Hooman M. Melamed, MD.

5. Dapatkan rasa manis dari cokelat hitam

Rasa manis juga bisa membantu mengurangi mual dan muntah di pagi hari, yang bisa Bunda dapatkan dari cokelat hitam atau dark chocolate. Hindari konsumsi gula berlebih karena berisiko memicu linu panggul.


Simak juga ragam manfaat teh untuk ibu hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi