sign up SIGN UP search


kehamilan

Amankah Gula Stevia Dikonsumsi Ibu Hamil?

haf Kamis, 14 May 2020 07:02 WIB
Baby shoes on the pregnant woman belly Foto: Getty Images/portishead1
Jakarta - Saat hamil, Bunda harus selektif memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. Terlebih makanan dan minuman tersebut mengandung pemanis.

Sebetulnya makanan dan minuman manis sah-sah saja dikonsumsi saat kehamilan, apalagi saat ngidam. Yang perlu diperhatikan disini adalah pemanis buatan yang terdapat pada makanan dan minuman, Bun.

SteviaStevia/ Foto: Getty Images/iStockphoto/dirkr

Dewasa ini sudah sangat banyak jenis pemanis buatan yang beredar di pasaran. Stevia adalah pemanis alami yang dianjurkan sebagai pengganti gula. Namun seberapa alamikah stevia?

Menurut perwakilan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) dilansir dari Huffington Post, alami adalah istilah yang sebenarnya tidak berarti banyak di dunia makanan. Sebagai catatan, istilah "alami" saat ini tidak diatur oleh FDA.


Sementara menurut Marion Nestle, Profesor Nutrisi dan Studi Makanan, New York University menyatakan bahwa ekstrak stevia memang berasal dari sumber alami (tanaman stevia rabaudiana), namun sudah diolah di laboraturium dengan etanol. Sebagai pertimbangan, sirup jagung tinggi fruktosa, diolah dari sumber alami, yakni jagung.

Meski begitu, stevia dalam olahan yang murni umumnya sangat aman digunakan oleh semua orang termasuk ibu hamil. Mengutip Medical News Today, ketika mengonsumsi stevia murni dalam dosis rendah, umumnya tidak dianggap menimbulkan risiko kesehatan bagi ibu hamil.

Sebuah studi menetapkan stevia tidak memengaruhi kehamilan atau kesuburan. Namun, umumnya beberapa bahan formula palsu ditemukan dalam campuran stevia dan dapat menyebabkan kelainan.

Yang paling sering ditemukan dari bahan-bahan ini adalah sakarin. Jadi, pastikan jenis komposisinya termasuk dalam yang aman dikonsumsi selama hamil ya Bun.

Simak juga Bun, cara aman cegah kehamilan untuk ibu menyusui pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi