sign up SIGN UP search


kehamilan

Innalillahi, Jane Shalimar Keguguran Saat Usia Kandungan 7 Minggu

Siti Hafadzoh Senin, 18 May 2020 15:38 WIB
Jane Shalimar saat berkunjung ke kantor detikcom. Innalillahi, Jane Shalimar Keguguran Saat Usia Kandungan 7 Minggu/ Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Artis Jane Shalimar mengalami keguguran di usia kehamilan 7 minggu. Padahal, sebelumnya Jane sangat bahagia dan tak percaya ketika mengetahui ia hamil anak pertamanya dengan Arsya Wijaya.

Di hari ke-10 terakhir Ramadhan, Jane Shalimar harus mengikhlaskan janinnya itu. Arsya kemudian memakamkan janin mereka di pemakaman keluarga di daerah Tasik, Jawa Barat.

Jane mengaku, ia sudah ikhlas dan berprasangka baik kepada Allah atas kehilangan calon anaknya itu. Meski hanya 7 minggu hamil, ia mengaku sang anak telah membawa warna untuk hidupnya.


"Walaupun hanya 7 minggu, tapi merupakan 7 minggu yang memberikan warna-warni indah dalam kehidupan kami.." tulis Jane Shalimar di Instagram.

Ia bersyukur banyak orang yang menyayanginya dan sang suami. Sehingga, mereka bisa kembali semangat menjalani hari.

Jane Shalimar keguguranJane Shalimar keguguran/ Foto: Instagram @janeshalimar_1

"Kulepas kau dengan ayat kursi dan alfatiha.. Inshaa Allah, sakit dan sedih yang kurasakan kemarin, menjadi limpahan rahmat yg luar biasa dari Sang Pencipta Alam Semesta..aamiin allahumma aamiin..." ujarnya.

Bicara soal ibu yang mengalami keguguran, menurut psikolog Alicia del Prado Ph.D., umumnya menyalahkan diri sendiri. Ia juga merasa takut, marah, malu, tidak percaya, cemas, dan bingung. Meski ini semua normal, tidak ada cara tepat untuk merespons keguguran, Bun.

"Terlepas dari seberapa umum keguguran, wanita sering mengalami rasa kehilangan ini dalam diam," kata Prado, dikutip dari Psychology Today.

Terjadinya keguguran bisa disertai terbatasnya diskusi dan percakapan dari orang terdekat. Di sisi lain, menurut Prado, orang tidak tahu apa yang harus dikatakan ketika seseorang mengalami keguguran.

Lihat juga cerita dr Reisa Brotoasmoro yang pernah mengalami keguguran berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi