sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda, Ini Cara Ketahui Tanda Hamil Lewat Kekentalan Lendir Serviks

Asri Ediyati Minggu, 07 Jun 2020 07:00 WIB
Woman with Hands Holding her Crotch caption
Jakarta -

Seringkali, wanita mencari tanda-tanda fisik kehamilan. Salah satunya perubahan lendir serviks, sebagai sinyal awal kehamilan atau sebagai cara untuk mengetahui apakah itu saat yang tepat untuk pembuahan.

Menurut dokter kandungan Anita Sadaty, MD, ada perubahan dalam konsistensi atau kekentalan lendir serviks wanita selama kehamilan dan sepanjang siklus menstruasi.

Sejumlah kecil lendir serviks ini biasanya hadir sepanjang bulan. Lendir serviks ini berubah selama tahap kehamilan dan selama berbagai fase siklus menstruasi Bunda.


"Keputihan ini disebut sebagai leukorea. Biasanya tipis dan putih susu. Istilah ini sering digunakan ketika merujuk pada keputihan selama kehamilan, tetapi leukorea juga ada pada wanita yang tidak hamil," kata Sadaty, dikutip dari Very Well Family, (5/6/2020).

Selama kehamilan, produksi leukorea meningkat karena meningkatnya estrogen dan aliran darah ke daerah vagina. Namun, itu tidak menjadi terlihat sampai minggu kedelapan.

Young pregnant woman at home, closeupIlustrasi hamil muda/ Foto: iStock

"Pada trimester pertama kehamilan Anda, lendir serviks Anda meningkat, dan seiring waktu, berkembang jadi lendir yang menyumbat. Pada akhirnya, sumbatan lendir ini akan menghalangi pembukaan serviks Anda, untuk mencegah infeksi memasuki rahim dan membahayakan bayi," paparnya.

Apa yang membedakan lendir serviks wanita hamil dengan yang tidak? Menurut Karen Richardson Gill, MD, FAAP, lendir serviks tadi akan bercampur dengan bercak. Ini terjadi hari ke-6 hingga ke-12 setelah berhubungan seks atau konsepsi.

"Tidak seperti periode menstruasi normal Anda, pendarahan implantasi harus berhenti setelah 24 hingga 48 jam. Anda mungkin memperhatikan perubahan ini sebelum tes kehamilan positif," kata Gill, dikutip dari Healthline.

Simak juga ciri hamil berdasarkan perubahan kulit:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi