sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda Perlu Tahu, 3 Jenis Suplemen Prenatal untuk Ibu Hamil

Siti Hafadzoh Selasa, 09 Jun 2020 14:27 WIB
Portrait of a happy pregnant woman taking a pill sitting on a couch in the living room at home caption
Jakarta -

Ketika hamil, Bunda memerlukan berbagai nutrisi yang bisa diperoleh dari makanan. Tapi, beberapa ibu hamil memilih minum suplemen prenatal untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan adalah asam folat. Dokter biasanya akan meresepkan asam folat sejak awal kehamilan.

Menurut dr Merdina Manik, M.Gizi, pertumbuhan otak anak dipengaruhi sejak masa kehamilan, Bunda. Salah satunya dipengaruhi asam folat.


"Asam folat dengan besar kebutuhan 600 mikrogram per hari. Ini akan memengaruhi pertumbuhan otak sebesar 70 persen dibanding zat gizi lain," kata Merdina.

Nah, ada berbagai suplemen prenatal yang dapat Bunda temui. Dilansir situs American Pregnancy Association, ini 3 jenisĀ suplemen prenatal yang perlu diketahui ibu hamil.

1. Vitamin organik dan vegan

Vitamin biasanya berasal dari sumber hewani. Tapi, beberapa ibu hamil menginginkan suplemen prenatal yang berbahan dasar nabati alias vegan.

Sebagian besar vitamin prenatal organik dan vegan berbentuk tablet, bukan kapsul. Ini karena biasanya kapsul terbuat dari gelatin yang berasal dari bahan hewani.

Ada beberapa vitamin yang bisa Bunda pilih, ingin yang berbahan dasar hewani atau nabati, seperti vitamin D. Kalau Bunda vegan, vitamin D2 atau ergocalciferol adalah jenis vitamin D berbahan nabati yang dapat menjadi pilihan.

2. Vitamin yang diresepkan

Vitamin prenatal yang diresepkan dapat menjadi salah satu pilihan Bunda. Banyak ibu hamil yang menganggap bahwa vitamin prenatal yang diresepkan berkualitas lebih tinggi. Tapi, ini bukan hal yang pasti ya.

Bukan resepnya, justru yang terpenting adalah bahan yang terkandung. Ada beberapa multivitamin yang bisa menjadi pilihan tepat karena mengandung yodium, folat, vitamin D, vitamin B, kalsium, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan.

Nah, sebelum mengonsumsi vitamin prenatal, pemeriksaan dokter sangat penting. Dokter akan memeriksa kebutuhan tubuh yang spesifik. Jadi, dokter akan memberikan resep vitamin prenatal yang sesuai.

3. Over the counter

Vitamin prenatal over the counter dapat dibeli tanpa resep di toko obat. Biasanya, harganya lebih murah daripada vitamin yang diresepkan dokter, Bunda.

Namun, perlu diperhatikan, tidak semua vitamin prenatal punya kualitas yang sama. Ada beberapa vitamin yang kandungannya berkualitas rendah. Jadi, Bunda perlu melakukan riset lebih dulu agar mengetahui merek vitamin mana yang kualitasnya baik.

Lihat juga penjelasan bolehkah ibu hamil makan nanas berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi