sign up SIGN UP search


kehamilan

Ibu Hamil Kurang Asupan Vitamin D Tingkatkan Risiko Anak ADHD

Siti Hafadzoh Minggu, 23 Feb 2020 08:01 WIB
Sebuah penelitian menunjukkan, kekurangan asupan vitamin D selama hamil memiliki hubungan dengan risiko ADHD. Simak penjelasannya berikut ini, Bun. caption
Jakarta - Bunda yang sedang hamil membutuhkan banyak asupan untuk mendukung kesehatannya dan janin di kandungan. Salah satu gizi yang penting diasup ibu hamil adalah vitamin.

Vitamin sangat berpengaruh pada perkembangan janin lho, Bun. Salah satunya, vitamin D yang ternyata sangat penting untuk mencegah Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).


Vitamin D sangat penting untuk perkembangan otak janin, Bun. Dikutip dari Pro-D, hal tersebut dijelaskan dalam penelitian yang terbit di The Australian & New Zealand Journal of Psychiatry. Tapi, penelitian tersebut masih belum bisa memastikan bahwa vitamin D dapat mencegah anak dari ADHD.


Di tahun ini, sudah ada penelitian yang menjelaskan tentang hubungan antara vitamin D selama hamil, dengan risiko ADHD. Sebuah jurnal penelitian di American Academy of Child & Adolecent Psychiatry menunjukkan, terdapat hubungan antara rendahnya asupan vitamin D selama hamil trimester kedua, dengan meningkatnya risiko ADHD. Studi tersebut melibatkan 1067 anak yang lahir di tahun 1998-1999 yang didiagnosa ADHD di Finlandia.

Ibu Hamil yang Kurang Asupan Vitamin D Tingkatkan Risiko Anak ADHDIlustrasi ibu hamil/ Foto: iStock

"Selain genotipe, faktor-faktor prenatal seperti kekurangan vitamin D selama kehamilan dapat memengaruhi perkembangan ADHD," kata peneliti Minna Sucksdoff, M.D., dari University of Turku dikutip dari Psych Central.


Penelitian tersebut menunjukkan, risiko ADHD 34 persen lebih tinggi ketika ibunya kekurangan vitamin D selama hamil. Hasil penelitiannya disesuaikan dengan usia ibu, status sosial ekonomi, dan riwayat psikiatris.

"Penelitian ini memberikan bukti kuat bahwa rendahnya vitamin D selama kehamilan terkait dengan ADHD pada keturunan," kata peneliti utama, Profesor Andre Sourander dikutip dari Science Daily.

Bunda juga bisa simak tips supaya kulit tidak kering ketika hamil berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi