sign up SIGN UP search


kehamilan

Bisakah Varises Dicegah saat Kehamilan? Cari Tahu Yuk Bunda!

Annisa Afani Kamis, 11 Jun 2020 13:18 WIB
Shot of a pregnant young woman caption
Jakarta -

Selama masa kehamilan, wanita sering kali mengalami masalah pada kulitnya. Salah satunya yang sering dikeluhkan ibu hamil adalah munculnya varises.

Varises adalah pembengkakan pembuluh darah yang bisa ditemukan pada hampir seluruh bagian tubuh, terutama kaki. Pembengkakan ini dapat terlihat karena muncul di area permukaan kulit. Dengan benjolan yang berwarna keunguan khas, terkadang dapat terlihat mengkhawatirkan.

Menurut beberapa penelitian, varises ini sangat umum dan hampir 40 persen pasti dialami oleh ibu hamil. Meski terkadang terlihat bervariasi, efek samping dari kemunculannya hanya mengurangi keindahan tampilan kulit saja.


Kapan munculnya varises saat kehamilan?

Dilansir dari What to Expect, varises ini dapat berkembang kapan saja selama kehamilan. Tetapi, tampilannya akan cenderung menjadi lebih besar dan lebih jelas ketika tubuh ibu hamil semakin besar. Dan ketika Bunda sudah melewati fase persalinan, maka tonjolan dari varises pun akan ikut mengempis seperti sebelumnya.

Lalu apa penyebab munculnya varises kehamilan?

Varises secara umum diakibatkan adanya volume darah ekstra yang diproduksi selama kehamilan untuk mendukung kebutuhan darah ibu dan janin yang dikandungnya. Namun, hal tersebut memberikan tekanan yang berlebih pada pembuluh darah, terutama di kaki yang harus bekerja melawan gravitasi untuk mendorong semua darah ekstra kembali ke jantung.

Apalagi dengan bertambahnya berat badan dan tekanan rahim yang sedang berkembang menempatkannya pada pembuluh darah panggul, dan efek relaksasi pembuluh progesteron ekstra yang diproduksi tubuh akan mendorong munculnya varises.

Bisakah mencegah varises selama kehamilan?

Kemungkinannya ada, tapi jangan terlalu mengharapkan hal tersebut benar-benar terjadi ya Bunda. Bagi beberapa orang, mengenakan kaus kaki kompresi, berolahraga, dan mengangkat kaki dipercaya dapat mencegah varises. Namun itu bukan cara yang pasti untuk menghindarinya.

Di masa depan saat Bunda memiliki bayi lagi, tidak ada cara mencegah varises untuk muncul kembali. Dan seperti banyak gejala kehamilan terkait kulit lainnya seperti stretch mark, varises cenderung dapat muncul kembali saat Bunda hamil.

Kendati demikian, Bunda bisa meredakannya. Beberapa trik yang dapat dicoba, di antaranya:

1. Jaga aliran darah lancar

Jaga kaki agar tetap tinggi saat duduk, dan hentikan kebiasaan duduk dengan kaki menyilang. Saat harus berdiri lama, kombinasikan dengan sesekali berjalan atau duduk. Selain itu, lenturkan pergelangan kaki sesering mungkin, ya Bunda.

2. Bergerak

Olahraga atau bergerak adalah salah satu kunci dalam mencegah varises. Bunda bisa melakukannya dengan berjalan-jalan setidaknya dua hari sekali demi menjaga dan meningkatkan sirkulasi darah. Menurut penelitian, bergerak di dalam air, seperti olahraga renang juga dapat sangat membantu lho Bunda.

3. Tetap nyaman

Pastikan Bunda mengenakan pakaian yang nyaman dan tidak ketat, termasuk pada pakaian dalam. Jangan mengenakan ikat pinggang atau kaus kaki ketat dengan atasan elastis yang ketat, dan jauhi sepatu ketat dan bertumit.

4. Atur posisi tidur

Cobalah untuk mengatur posisi tidur, Bunda. Kalau bisa menghadap ke sisi kiri karena dapat membantu menghindari tekanan pada pembuluh darah utama dan menjaga sirkulasinya tetap kuat.

ilustrasi ibu hamil tidurilustrasi ibu hamil tidur/ Foto: iStock

5. Jangan tegang

Usahakan untuk tidak terlalu tegang atau menggunakan banyak energi ya Bunda. Seperti halnya mengangkat sesuatu yang berat, atau mengejan di toilet.

Kehamilan terkadang memang mengakibatkan masalah pencernaan seperti sembelit. Karena itu, Bunda mesti menjaga pola makan agar dapat menghindari mengejan dengan keras saat buang air besar yang dapat menambah visibilitas pembuluh darah.

6. Konsumsi vitamin

Bunda bisa mendapatkan dosis vitamin harian, yang salah satunya berfungsi membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Pastikan untuk makan banyak makanan dengan vitamin C yang digunakan tubuh untuk memproduksi kolagen dan elastin. Ini merupakan jaringan penghubung yang memperbaiki dan memelihara pembuluh darah.

7. Perhatikan berat badan

Pertahankan berat badan Bunda selama kehamilan sesuai dengan rekomendasi dokter, biasanya kenaikan hanya sekitar 11,3 hingga 15,9 kilogram. Berat berlebih akan meningkatkan kerja sistem sirkulasi darah yang sudah terlalu banyak bekerja.

Bunda, simak juga penjelasan lainnya mengenai varises dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi