sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Es Batu Bisa Meringankan Gejala Varises?

Annisa Afani Kamis, 11 Jun 2020 16:09 WIB
Ice cubes with water drops caption
Jakarta -

Varises merupakan salah satu masalah yang timbul terkait masalah pada pembuluh darah. Masalah ini sering dialami oleh ibu selama kehamilan, Bunda.

Biasanya, pembuluh darah akan membesar dan muncul di permukaan tepat di bawah kulit. Dengan tampilannya yang berwarna biru keunguan, varises bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh, namun lebih sering tampak di kaki dan pergelangan kaki atau betis.

Varises terjadi ketika katup yang membantu darah mengalir menuju jantung ke kaki dan kembali lagi tidak bekerja sebagaimana harusnya. Akibatnya, darah mengumpul dan membuat tekanan di kaki, sehingga tampak seperti benjolan.


Untuk menyembuhkan varises, memang diperlukan perawatan medis seperti menggunakan radio frekuensi, operasi, laser, dan injeksi skleroterapi. Tetapi ada banyak cara alami yang bisa dilakukan. Dan es batu diyakini bisa meringankan gejala varises karena bisa menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan.

Es atau kompres dingin dikenal sebagai pertolongan pertama untuk meredakan pembengkakan, termasuk pembengkakan karena varises. Kompres dingin juga kerap digunakan oleh pemain bola yang mengalami cedera otot.

Lalu, benarkah kompres es batu bisa meringankan varises?

es batues batu/ Foto: istimewa

Chandrakant S Kamble, spesialis varises asal India, mengatakan bahwa meletakkan es atau kompres dingin ke area varises bisa membantu meminimalkan penampilan varises dan mengurangi pembengkakan di sekitar vena. Ini karena aplikasi es atau kompres dingin membatasi aliran darah ke area tersebut, sehingga membuatnya tidak terlalu bengkak.

"Disarankan juga untuk mandi air dingin atau hangat setiap saat supaya aliran darah lancar rileks," katanya, dikutip dari Quora.com.

Untuk membuat kompres dingin atau es batu, Bunda bisa memasukkan es ke dalam kantong plastik. Kemudian, basahi handuk dengan air dingin. Gunakan handuk tersebut untuk membungkus kantong plastik tadi. Jika tak ada es, Bunda bisa menggantinya dengan handuk yang dibasahi dengan air dingin lalu bekukan di freezer selama 15 menit.

Nah untuk meringankan gejala varises, Bunda bisa menerapkan kompres es batu tersebut di area varises selama 10 hingga 15 menit. Bunda, bisa mengaplikasikannya secara rutin tiga kali sehari.

Bunda, simak juga penjelasan mengenai es batu yang mengenai kulit secara langsung dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi