sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Varises pada Ibu Hamil

Annisa Afani Kamis, 11 Jun 2020 15:31 WIB
Pregnant woman caption
Jakarta -

Satu dari berbagai masalah yang dapat mengurangi tampilan cantik kulit adalah varises ya Bunda. Varises biasanya banyak dialami oleh ibu hamil.

Varises berkembang akibat dari katup kecil di vena yang melemah. Katup ini biasanya menghentikan aliran darah balik ke jantung. Apabila katup ini rusak, maka terjadi penumpukan darah di dalam vena, sehingga menyebabkan pembengkakan dan pelebaran dari pembuluh vena.

Varises biasanya terlihat dengan warna biru atau keunguan. Ia juga akan terlihat dengan jelas karena muncul dan menonjol tepat dari bawah kulit.


Varises sendiri memiliki beberapa gejala, Bunda, yakni dapat menyebabkan adanya sensasi terbakar atau berdenyut di kaki, kaki tidak nyaman yang terasa berat atau pegal, kram otot yang bisa lebih terasa di malam hari, pembengkakan pada kaki hingga pergelangan kaki, kulit kering atau gatal yang tampak lebih tipis di atas varises.

Dilansir dari Medical News Today, ada beberapa perawatan mudah untuk meringankan gejalanya, seperti olahraga, kaus kaki kompresi, diet makanan tinggi kalium, seperti kacang almond. Selain itu, makan banyak flavonoid yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi varises. Makanan yang mengandung flavonoid, meliputi sayuran seperti bawang putih, paprika, bayam, dan brokoli. Selain itu, buah-buahan seperti jeruk, anggur, ceri, apel, blueberry, dan biji coklat.

Di samping itu, menurut National Institute of Health, menggunakan ekstrak biji anggur, vitis vinifera, secara oral dapat membantu mengurangi pembengkakan di kaki bagian bawah dan gejala lain dari insufisiensi vena kronik. Ada juga bahan alami yang mudah didapat untuk mengatasi varises. Berikut ini lima bahan alami tersebut, dikutip dari Bright Side:

1. Biji tomat

Biji tomat mengandung asam salisilat yang punya sifat mirip dengan aspirin dan bersifat sebagai antikoagulan untuk mencegah pembekuan darah dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, tomat kaya likopen dan mencegah kerusakan lipid dalam sel. Jika dioleskan ke kulit secara topikal bisa meredakan varises.

Bunda bisa memasukan biji tomat ke dalam blender selama beberapa detik hingga menjadi campuran halus. setelah itu, oleskan kulit varises 3-4 kali sehari, setidaknya selama 2 bulan.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi, mengencangkan, dan menyejukkan, yang bisa mengurangi ukuran varises dan mengaktifkan aliran darah. Minyak zaitun juga memiliki kandungan asam lemak esensial, vitamin E, dan mineral yang tinggi.

Nah, tingginya kandungan asam lemak Omega-3 akan meningkatkan aliran darah melalui vena dan mengembalikan fungsi katup searah.

Bunda bisa menambahkan sedikit minyak zaitun ke dalam mangkuk dan panaskan untuk mengaktifkannya. Setelah itu, oleskan pada kulit sambil dipijat selama beberapa menit. Ulangi dua kali sehari selama minimal 2 bulan.

3. Kubis

Kubis kaya akan serat tak larut, beta-karoten, vitamin B1, B6, K, E, dan C, dan sejumlah mineral seperti kalsium, yodium, magnesium, besi, dan belerang. Kubis juga kaya antioksidan dan fitokimia yang membantu mencegah pembekuan darah.

Bunda bisa menyiapkan tiga lembar kubis dan potong-potong menjadi sangat kecil. Lalu masukkan ke dalam blender hingga halus, kemudian saring dan ambil ekstraknya. Oleskan ekstrak kubis tersebut setidaknya 3 kali sehari.

CabbageCabbage/ Foto: iStock

4. Cabai rawit

Cabai rawit dianggap sebagai obat ajaib untuk varises karena kaya vitamin C dan bioflavonoid . Cabai rawit juga juga membantu mengurangi aterosklerosis, mendorong aktivitas fibrinolitik, dan mencegah faktor-faktor yang menyebabkan pembentukan darah menggumpal, yang membantu mengurangi dan mengobati varises.

Bunda bisa menambahkan satu sendok teh (sdt) bubuk cabai rawit ke dalam secangkir air panas, lalu aduk. Minum ramuan ini 3 kali sehari selama 1 hingga 2 bulan.

5. Bawang Putih

Bawang putih digunakan untuk kondisi yang berhubungan dengan jantung dan sistem peredaran darah. Bawang putih menghasilkan allicin dan ajoene, yang merupakan senyawa sulfur yang memiliki kemampuan meningkatkan sirkulasi darah.

Kandungan tersebut berkontribusi untuk mencegah pembuluh darah meradang dan mencegah pembekuan darah. Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat kuat untuk mengurangi pembengkakan varises, dan ketidaknyamanan yang disebabkannya.

Selain itu, bawang putih memiliki quercetin, yang merupakan flavonoid yang membantu memperkuat pembuluh darah dan mencegah kerusakan.

Bunda bisa menyiapkan 10 siung bawang putih dan hancurkan hingga halus seperti pasta. Kemudian campur pasta bawang putih, air dari tiga jeruk lemon dan 4 sendok makan (sdm) minyak zaitun dalam wadah gelas. Biarkan semalaman sekitar 10-12 jam. Bunda bisa mengoleskan campuran tersebut ke kulit yang varises dua kali sehari selama satu bulan.

Bunda, simak juga tips mengatasi tensi darah rendah dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi