sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Makanan yang Dapat Bantu Mempercepat Proses Melahirkan

haf Selasa, 16 Jun 2020 15:34 WIB
mitos makanan ibu hamil caption
Jakarta -

Usia kehamilan yang telah melampaui sembilan bulan biasanya sudah terjadi perubahan besar pada perkembangan janin. Bahkan pada bagian perut yang semakin hari semakin membesar.

Menjelang melahirkan, ada baiknya Bunda mempersiapkan segala sesuatu mulai dari kesiapan mental maupun fisik. Termasuk asupan makanan.

Beberapa makanan tertentu dapat membantu mempercepat proses melahirkan. Dilansir dari laman What to Expect, berikut makanan yang dianggap dapat memperlancar proses persalinan:


1. Nanas

cara memotong nanas hanya 2 menit.Nanas/ Foto: iStock

Enzim bromelain pada nanas dianggap membantu melunakkan serviks dan memicu kontraksi untuk memicu proses melahirkan. Akan tetapi, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa bromelain pada nanas yang sebenarnya memiliki efek ini. Hal tersebut bisa jadi karena asam lambung yang memecah enzim dalam makanan selama pencernaan atau karena sebagian besar bromelain dalam nanas terdapat di inti buah, bukan di bagian daging yang kita makan.

2. Teh rasberi merah

Teh rasberi merah telah digunakan untuk merangsang kontraksi, mempercepat proses persalinan dan pemulihan pasca-persalinan sejak abad pertengahan.

Dikenal dapat memperkuat dan menstimulasi otot-otot rahim, dan meningkatkan aliran darah ke rahim, beberapa penelitian telah menunjukkan teh daun raspberi merah memiliki dampak positif yang potensial pada persalinan.

3. Makanan pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan kram dan kontraksi rahim untuk wanita yang sudah melebar. Sebuah penelitian yang menemukan hubungan antara makan makanan pedas dan persalinan, tetapi penelitian itu hanya berfokus pada kelahiran prematur.

4. Minyak jarak

Minyak jarak telah terbukti membantu merangsang persalinan pada beberapa wanita, tetapi efek samping pencahar yang kuat sangat tidak menyenangkan sehingga dokter mungkin tidak merekomendasikannya.

Minyak jarak menyebabkan mual, kram, sakit perut, diare, dan kadang-kadang muntah, tetapi dalam beberapa penelitian, minyak jarak juga terbukti menginduksi persalinan dalam waktu 24 jam untuk lebih dari setengah wanita yang cukup bulan.

Apabila Bunda mendapatkan lampu hijau untuk mencoba minyak jarak dari praktisi kesehatan setelah melewati tanggal jatuh tempo, ikuti rekomendasi dosis dengan hati-hati, minum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

Simak juga Bunda, curhat dr. Reisa sehabis melahirkan caesar pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi