sign up SIGN UP search


kehamilan

Ibu Ini Tetap Olahraga saat Hamil Besar demi Body Oke

Annisa Afani Minggu, 26 Jul 2020 17:11 WIB
A pregnant female runner in a blue athletic shirt and running shoes is training while pregnant for her next race. She warms up by stretching with the sun flaring behind her. This woman enjoys running on trails and at sunset in the evening. Running is her favorite exercise to stay fit and happy. caption
Jakarta -

Banyak orang melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga bentuk tubuhnya tetap oke. Namun kadang mereka berhenti atau mengurangi porsinya saat tengah hamil. Sayangnya, itu tak berlaku bagi Yanyah Milutinovic.

Wanita 34 tahun ini sudah kecanduan olahraga, sehingga meski tengah hamil dan perutnya sudah membesar hingga berada di ruang rawat, sambil menunggu detik-detik persalinannya, dia masih tetap berolahraga. Dia mengunggah aktivitasnya yang bikin ngeri sebagian orang yang melihatnya dalam akunnya di Instagram.

Yanyah saat itu diketahui sudah mengandung usia 41 minggu saat melakukan olahraga di ruang perawatan. Namun meski sudah hamil tua, Yanyah tampak tidak mengalami kesulitan apapun saat melakukannya, Bunda.


"Ini adalah saat saya berpikir saya adalah orang tangguh karena tetap ke gym saat hamil," katanya, dikutip dari Daily Star.

Unggahan tahun 2017 tersebut menjadi viral, dan mendapat banyak reaksi dari netizen. Tidak hanya dukungan, Yanyah mengakui ada banyak yang mengkritiknya karena olahraga saat hamil besar.

Ibu hamil olahragaYanyah/ Foto: Daily Star

"Sebagian besar wanita mendukung. Pria, sebaliknya," kata dia.

Menurut penuturannya, dia merasa bahwa banyak orang yang mengkritik seolah-olah lebih mengetahui kondisi dan keadaan tubuhnya dibandingkan dirinya sendiri.

Tak lama setelah melahirkan, Yanyah pun segera berolahraga. Padahal dokter menganjurkan untuk menunggu enam minggu sebelum kembali berolahraga. Dia kembali ke gym, dua setengah minggu setelah melahirkan, Bunda.

Hal tersebut dia lakukan karena merasa stres dengan bentuk tubuhnya pascamelahirkan. Untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula, Yanyah tidak memerlukan waktu lama, Bunda. Kini, dia sudah kembali tampil berotot seperti sebelum hamil dan melahirkan.

"Aku tidak pernah meragukan kemampuan sendiri untuk dapat kembali ke bentuk semula. Begitu pula dengan semangat dan pengetahuanku soal membentuk tubuh," tulisnya.

Meskipun Yanyah berolahraga selama kehamilan dan cepat kembali ke gym setelah melahirkan, dia tidak menyarankan hal tersebut pada ibu hamil lainnya.

"Aku tidak akan merekomendasikan semua orang melakukan ini. Jika terbiasa melakukan olahraga secara teratur, pertahankan. Tapi lakukan apa yang terasa nyaman bagi tubuh dan jangan terlalu memaksakan diri. Olahraga tidak harus berat untuk mendapatkan manfaat," tuturnya.

Bunda, simak juga gerakan yang dapat mengencangkan perut dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi