sign up SIGN UP search


kehamilan

Ingin Cepat Hamil Bunda? Ini 5 Cara Memperbanyak Sperma untuk Calon Ayah

Kinan Selasa, 14 Jul 2020 15:49 WIB
Tes kehamilan caption
Jakarta -

Cara memperbanyak sperma calon Ayah menjadi salah satu hal penting yang patut diperhatikan, terutama jika Bunda saat ini sedang merencanakan kehamilan. Gaya hidup pun bisa memberi pengaruh, sehingga ada baiknya untuk juga diubah.

Dilansir Medical News Today, jumlah sperma pria rata-rata yakni 40 juta hingga 300 juta sperma per milimeter. Sementara jumlah sperma dikatakan sedikit atau kurang jika terproduksi 10-20 juta sperma per milimeter.

Jika hanya sedikit atau bahkan sama sekali tidak ada kandungan sperma dalam air mani, kondisi medis ini dikenal sebagai oligospermia. Dibutuhkan pemeriksaan medis guna memastikan apakah seorang pria benar mengalami masalah ini.


Nah, apa saja cara memperbanyak sperma secara alami yang bisa dicoba? Berikut rangkumannya:

1. Perbanyak konsumsi buah delima

Dikutip dari Motherly, buah delima atau pomegranate sangat baik dikonsumsi calon Ayah saat program hamil. Buah delima diketahui memiliki manfaat alami sebagai cara memperbanyak sperma.

Bahkan tak cuma menambah jumlahnya, kandungan alami buah delima juga diketahui dapat mengurangi senyawa malondialdehid dalam proses produksi sperma. Senyawa ini dapat berdampak buruk bagi produksi sperma.

2. Pilih camilan semangka dan jeruk

Selain segar, semangka dan jeruk juga baik dikonsumsi oleh pria. Dikutip dari Healthline, jeruk merupakan salah satu sumber asam folat dan vitamin C yang baik, guna menjaga kesehatan dan jumlah sperma.

Sementara itu, semangka kaya akan L-citrulline yang merupakan asam amino untuk kelancaran aliran darah. Saat aliran darah sudah lancar, proses produksi sperma pun jadi maksimal.

3. Konsumsi taoge

Dilansir Express UK, taoge memiliki kandungan serat, protein dan vitamin E tinggi. Kandungan ini dapat menjadi cara memperbanyak sperma dan juga meningkatkan kualitasnya.

TaogeIlustrasi taoge. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto)

4. Berhenti merokok

Mintalah Ayah untuk berhenti merokok, baik dengan rokok tembakau maupun vape. Ya, meski vape disebut-sebut lebih aman, tapi pengaruhnya tetap besar bagi kesuburan.

Dikutip dari Vaping Daily, studi mengungkapkan pria perokok (rokok tembakau maupun vape), cenderung memiliki penurunan jumlah dan pergerakan sperma.

5. Rutin olahraga dan aktivitas fisik

Jangan anggap enteng manfaat rutin olahraga bagi kesuburan. Dikutip dari Huffington Post, rutin olahraga dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

Jenis olahraga kardio seperti joging atau berlari pun bisa dipilih, karena selain praktis kebiasaan ini juga meningkatkan jumlah, kecepatan dan bentuk sperma. Demikian disebutkan dalam jurnal Reproduction.

Nah, yuk mulai lebih perhatikan lagi kebiasaan dan gaya hidup calon Ayah sehari-hari demi keberhasilan program hamil, Bunda!

Simak juga tips cepat hamil alar dr.Reisa dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi