sign up SIGN UP search


kehamilan

Hati-hati Bunda! 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menurunkan Kualitas Sperma Calon Ayah

Kinan Kamis, 16 Jul 2020 09:36 WIB
ilustrasi test pack caption
Jakarta -

Jika saat ini Bunda tengah merencanakan kehamilan, lebih perhatikan lagi diet dan pola makan Ayah, ya. Studi membuktikan ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi terus-menerus bisa menurunkan kualitas sperma.

Hal ini tentu saja bisa berdampak pada keberhasilan program hamil yang dilakukan. Oleh sebab itu, pemilihan menu makanan pun menjadi penting.

Menurut Edwin McDonald IV, MD, dari University of Chicago Medicine, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tertentu dapat membahayakan kesehatan sperma.


Berikut 5 jenis makanan yang bisa menurunkan kualitas sperma dan perlu dijauhi oleh calon Ayah:

1. Daging olahan

Penelitian terbaru mengaitkan konsumsi berlebihan daging olahan dengan semua jenis penyakit. Daging olahan di sini termasuk sosis, bacon, daging ham dan sebagainya.

Beberapa penelitian lain menghubungkan tentang kebiasaan makan daging olahan dengan penurunan jumlah sperma. Kebiasaan ini bahkan diyakini dapat mengganggu pergerakan sperma.

2. Makanan dengan kandungan lemak trans

Para peneliti mengungkapkan adanya kaitan antara konsumsi lemak trans yang terlalu banyak dengan risiko penyakit jantung. Namun selain itu, efeknya juga bisa berkaitan dengan kualitas sperma.

Menurut American Heart Association, sebuah penelitian di Spanyol tahun 2011 mengaitkan peningkatan asupan lemak trans dengan penurunan jumlah sperma.

3. Produk kedelai

Produk kedelai mengandung fitoestrogen. Ini merupakan senyawa mirip estrogen yang berasal dari tanaman. Sebuah penelitian terhadap 99 pria dari klinik kesuburan di Boston menyimpulkan bahwa asupan kedelai yang berlebihan dapat menurunkan konsentrasi sperma.

Healthy hazelnut drink (smoothie) - horizontalHati-hati Bunda! 5 Jenis Makanan Ini Bisa Menurunkan Kualitas Sperma. (Foto: iStock)

4. Pestisida dan bisphenol-a (BPA)

Dalam proses pengolahan dan pembersihan sayur serta buah-buahan, penggunaan pestisida kerap menjadi pilihan. Sementara itu, BPA juga tidak kalah mengkhawatirkan karena ada pada sebagian besar kemasan produk dan kaleng makanan.

BPA dan bahan kimia dalam pestisida bertindak sebagai xenoestrogen, sebuah bahan kimia yang meniru estrogen. Sama seperti fitoestrogen dalam kedelai, xenoestrogen dapat merusak konsentrasi sperma.

5. Produk susu tinggi lemak

The Rochester Young Men melakukan sebuah analisis sperma dan diet dari 189 pria dalam rentang usia 18-22 tahun. Ditemukan bahwa konsumsi berlebihan produk susu tinggi lemak (susu murni, krim dan keju) dikaitkan dengan penurunan kualitas, pergerakan dan bentuk sperma.

Nah, yuk mulai lebih perhatikan lagi pemilihan menu makanan dan camilan untuk calon Ayah, Bunda!

Simak juga tips cepat hamil ala dr. Reisa dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi