sign up SIGN UP search

kehamilan

Awas! Kekurangan Zat Besi Bisa Sebabkan Ibu Hamil Alami Anemia

Asri Ediyati Sabtu, 22 Aug 2020 08:00 WIB
Ibu hamil sakit kepala atau stres caption
Jakarta -

Sakit saaat hamil tentu rasanya enggak enak banget. Selain tubuh yang terasa lebih lemah dan perjuangan hamil makin berat, kekhawatiran pada perkembangan janin pun pikut mengantui. Apalagi jika Bunda dinyatakan mengalami anemia ya. Apa aih sebenernya penyakit ini?

Anemia adalah kurangnya sel-sel darah merah dalam darah. Tahukah Bunda, prevalensi wanita mengidap anemia di Indonesia belum bisa ditangani?

Menurut Dr.Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., pada daerah tertentu yang pernah ia kunjungi, bahkan angkanya sangat tinggi yaitu mencapai 89 persen. Duh, bikin khawatir ya, Bunda.


Untuk itu, Rita pun menyarankan sebelum menikah atau memulai program hamil, untuk melakukan pemeriksaan lingkar lengan atas (LILA). Ini ada hubungannya dengan anemia, Bunda. Apabila LILA seorang wanita kecil di bawah 23,5 cm, maka dipastikan ia belum siap untuk hamil karena itu menandakan Kurang Energi Kronis (KEK).

Apabila wanita tersebut hamil bisa menyebabkan gangguan nutrisi. Sementara menurut dr. Hermawan Wibisono, Sp.OG dan Ayu Bulan Febry Kurnia Dewi, S.KM dalam bukunya Solusi Sehat Seputar Kehamilan, ibu hamil dikatakan anemia jika hemoglobin darahnya kurang dari 11 garam per 100 ml.

Lalu, bahaya anemia pada ibu hamil tidak saja berpengaruh terhadap keselamatan dirinya, tapi juga janin yang dikandungnya.

"Cadangan zat besi dalam tubuh janin dapat mengalami cacat bawaan jika ibunya menderita anemia," tulis Hermawan dan Ayu.

Asian pregnant woman sleepingon the sofaAwas! Kekurangan Zat Besi Bisa Sebabkan Ibu Hamil Alami Anemia/ Foto: iStock

Lalu, apa penyebab utama anemia ini? Anemia kehamilan disebabkan oleh kurangnya zat besi. Keadaan ini bisa terjadi karena terlalu banyak zat besi yang dikeluarkan tubuh, terutama ibu hamil yang tinggal di iklim tropis dan banyak mengeluarkan keringat.

"Anemia juga disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan yang mengandung zat besi atau gangguan penyerapan zat besi dalam tubuh," tulisnya.

Nah, bagaimana sih pola makan yang dianjurkan untuk mengatasi gejala anemia? Untuk mengatasinya, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi bahan makanan yang kaya zat besi. Selain itu konsumsi zat gizi lainnya seperti vitamin E, vitamin B12, asam folat, dan vitamin C juga perlu ditingkatkan karena juga berperna dalam pembentukkan sel darah merah, Bunda.

"Bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari di antaranya bayam, daun katuk, brokoli, daging sapi, telur, hati ayam, hati sapi, dan kacang-kacangan," tulis Hermawan dan Ayu.

Simak juga gerakan yoga yang lembut, cocok untuk ibu hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!