KEHAMILAN
Penelitian Baru Sebut Tak Ada Batas Aman Konsumsi Kafein untuk Ibu Hamil
Asri Ediyati | HaiBunda
Kamis, 27 Aug 2020 12:34 WIBSelama ini, kita hanya diberi tahu bahwa ibu hamil dan menyusui perlu membatasi konsumsi kafein. Batas konsumsi kafein tidak lebih dari dua cangkir kopi (200 mg). Namun, sebuah studi terbaru mengatakan bahwa ibu hamil perlu menghentikan konsumsi kafein sepenuhnya.
Kenapa? Alasannya tak lain untuk membantu menghindari keguguran, berat badan lahir rendah dan lahir mati. Penelitian peer-review yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Evidence-Based Medicine ini bertentangan dengan pedoman resmi di Inggris, AS, dan Eropa.
Studi tersebut menyatakan bahwa tidak ada level yang aman untuk konsumsi kafein selama kehamilan. Sebanyak 1.200 penelitian tentang efek obat kehamilan dianalisis dalam studi tersebut.
Mereka menemukan adanya peningkatan risiko kehamilan dan bahkan pengaruhi kesehatan anak-anak di masa depan (leukemia, obesitas).
Penelitian baru oleh Prof Jack James, dari Universitas Reykjavik, menemukan bahwa anjuran konsumsi kafein saat ini tidak konsisten dengan tingkat ancaman yang ditunjukkan oleh kemungkinan bahaya secara biologis, dan bukti empiris yang luas tentang bahaya yang sebenarnya.
James pun mendesak perlu ada revisi dari pedoman atau guidelines tentang level kafein yang dikonsumsi selama kehamilan.
"Bukti ilmiah kumulatif mendukung wanita hamil dan wanita yang mempertimbangkan kehamilan disarankan untuk menghindari kafein," demikian yang tertulis di penelitian itu, dikutip dari The Guardian.
James juga menemukan bahwa 8 dari setiap 9 studi tentang kafein dan keguguran melaporkan adanya hubungan yang signifikan. Lalu, beberapa studi yang dianalisis mengatakan risiko meningkat setiap level kafein ditambahkan.
Kendati demikian, penelitian ini masih disanksikan beberapa pakar. Para ahli yang tidak terlibat dalam studi mempertanyakan kesimpulan tersebut.
"Tidak perlu untuk 'segera mengubah pedoman saat ini' berdasarkan penelitian ini," kata Dr. Christopher Zahn, wakil presiden kegiatan praktik untuk American College of Obstetricians and Gynecologists.
"Panduan kami tetap bahwa konsumsi kafein dalam jumlah sedang, kurang dari 200 mg per hari, tampaknya tidak menjadi faktor penyebab utama keguguran atau kelahiran prematur," kata Zahn kepada CNN.
Royal College of Obstetricians and Gynecologists Inggris memberikan pernyataan serupa. "Nasihat untuk membatasi asupan kafein hingga 200 miligram (mg) per hari - setara dengan dua cangkir kopi instan - masih berlaku," kata dokter kandungan Dr. Daghni Rajasingam, juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynecologists.
"Makalah ini tidak menggantikan semua bukti lain yang menemukan bahwa asupan kafein yang terbatas aman bagi sebagian besar wanita hamil," sambung Rajasingam.
Jika Bunda ragu-ragu, lebih baik konsultasikan ke dokter kandungan Bunda ya.
Simak juga 14 ciri hamil yang jarang disadari melalui video berikut:
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
Kopi Decaf Lebih Aman untuk Ibu Hamil, Benarkah?
Panas yang Ekstrem Bisa Bahayakan Ibu Hamil? Ini Penjelasan Pakar Bun
Minum Kafein Saat Hamil Bisa Pengaruhi Berat Lahir Bayi, Ini Faktanya Bun
Efek Ibu Hamil Konsumsi Minuman Energi
TERPOPULER
Ciri Kepribadian EQ Tinggi yang Membedakannya dari Kebanyakan Orang Menurut Psikologi
7 Cara Mengenali Atasan dengan EQ Tinggi dari Sikapnya di Tempat Kerja
3 Cara Membuat Tempe Goreng Tepung Renyah dan Tahan Lama Meski Sudah Dingin
5 Potret Menggemaskan Arya Anak Anggika Bolsterli yang Baru Ultah Pertama
Mengenal Apa Itu Gummy Bear Mom, Pola Asuh yang Tidak Batasi Makanan Anak Secara Ketat
REKOMENDASI PRODUK
5 Wajan & Panci untuk Kompor Listrik Induksi, Awet & Anti Lengket
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
7 Rekomendasi Susu UHT untuk Ibu Hamil
Amrikh PalupiREKOMENDASI PRODUK
7 Aksesori Anak untuk Karnaval Kemerdekaan 17 Agustus, Bikin Makin Gemas
Annisa KarnesyiaREKOMENDASI PRODUK
7 Panci MPASI yang Bagus & Aman untuk Bayi
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
7 Antena TV Digital Terbaik untuk Daerah Susah Sinyal, Mulai dari Rp80 Ribuan!
Amira SalsabilaTERBARU DARI HAIBUNDA
Terpopuler: Potret Rumah Baru Poppy Sovia
Ciri Kepribadian EQ Tinggi yang Membedakannya dari Kebanyakan Orang Menurut Psikologi
Mengenal Apa Itu Gummy Bear Mom, Pola Asuh yang Tidak Batasi Makanan Anak Secara Ketat
5 Potret Menggemaskan Arya Anak Anggika Bolsterli yang Baru Ultah Pertama
7 Cara Mengenali Atasan dengan EQ Tinggi dari Sikapnya di Tempat Kerja
FOTO
VIDEO
DETIK NETWORK
-
Rekomendit
Review Tas Crossbody 3 Kompartemen: Beneran Bikin Isi Tas Lebih Rapi?
-
Beautynesia
7 Rekomendasi Lagu K-pop yang Bikin Kamu Semangat di Pagi Hari
-
Female Daily
Boleh Nggak Pakai Retinol Saat Sedang Jerawatan? Ini Jawabannya!
-
CXO
Turnamen Voli SBY Cup 2026 di Magelang 13-17 Mei, Ada LavAni-Samator
-
Wolipop
Potret 3 Menantu Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, Ada yang Gelarnya Dicopot
-
Mommies Daily
10 Kreasi dari Sedotan untuk Anak SD, Murah, Seru, dan Edukatif