sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Merencanakan Kehamilan yang Aman Menurut Dokter di Era New Normal

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 12 Aug 2020 11:20 WIB
Portrait of a happy pregnant woman taking a pill sitting on a couch in the living room at home caption
Jakarta -

Merencanakan program kehamilan di masa pandemi Covid-19 menjadi ketakutan sebagian pasangan suami istri. Namun, bukan berarti Bunda harus menunda kehamilan ya.

Meskipun angka kasus baru Covid-19 masih terus bertambah setiap harinya, hingga saat ini belum ada penelitian yang menemukan bahwa ibu hamil lebih berisiko terinfeksi virus Covid-19.

Dijelaskan dr.Gorga Udjung, Sp.OG, dari RSU Bunda Jakarta, bahwa belum ada data kuat yang membuktikan bahwa Covid-19 bisa mempengaruhi sel gamet nih, Bunda. Bahkan, WHO juga menyatakan kalau belum terbukti juga mengenai adanya transmisi dari ibu ke bayi.


"Secara umumĀ program hamil dan kehamilan aman dilakukan dengan tidak lupa melakukan protokol kesehatan," ungkap Gorga.

Selain itu, Gorga juga menyarankan beberapa hal jika Bunda ingin hamil di masa pandemi saat ini. Salah satunya yang paling penting adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kondisi dan permasalahan, ekspektasi, proses yang akan dijalani selama kehamilan.

Attractive pregnant female chilling while drinking fresh coffee from mug and relaxing at homeHamil aman selama pandemi/ Foto: iStock

Namun, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan dengan sabun atau memakai hand sanitizer. Selain itu, pastikan juga selama hamil disiplin melakukan social distancing. Tidak berkumpul dengan orang banyak atau mendatangi kerumunan ramai.

Selain protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 pada ibu hamil, Bunda dan Ayah juga harus menjaga pola makan lebih sehat. Termasuk menghindari alkohol, rokok dan kafein ya.

"Alkohol menurunkan kualitas sperma dan sel telur. Merokok sama dengan alkohol. Konsumsi kafein sebaiknya dibatasi," imbuh Gorga.

Tak kalah penting yaitu menjaga indeks massa tubuh. Jadi, Bunda yang ingin hamil sangat tidak disarankan obesitas. Itu sebabnya, penting untuk mengimbangi dengan olahraga.

Bunda, simak juga yuk cerita menyentuh dari dokter yang tetap berjuang menyembuhkan pasien Corona meski sedang hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi