sign up SIGN UP search


kehamilan

Ibu Hebat Tolak Aborsi Meski Tahu Bayi akan Cacat Lahir Tanpa Mata

Annisa Afani Minggu, 30 Aug 2020 17:44 WIB
bayi di dalam inkubator caption
Jakarta -

Seperti pasangan menikah pada umumnya, Lacey Buchanan dan suaminya Chris merasakan kebahagiaan yang begitu besar saat mengetahui bahwa keduanya akan menjadi orang tua. Sayangnya, kabar bahagia tersebut harus diikuti dengan berita mengejutkan. Mereka akan memiliki anak cacat.

Hal itu diketahui melalui pemeriksaan USG saat kandungan Lacey berusia 18 minggu. Hasil USG menunjukkan bahwa janin dalam rahim Lacey diperkirakan akan lahir dengan cacat di wajahnya.

Dikutip dari Newsner, Lancey yang saat itu berusia 23 tahun pun mencoba untuk tabah dan menerimanya. Meski belum mengetahui secara pasti bentuk kelainan apa yang ada di wajah anaknya, Lacey mengatakan bahwa dirinya menolak melakukan aborsi karena sudah mencintai anak yang dikandungnya itu.


Ketika tanggal persalinan semakin dekat, dokter masih tidak tahu apakah putra pasangan Buchanan akan selamat, Bunda. Meski begitu, Lacey yakin bahwa semuanya dapat mereka lalui.

Hingga akhirnya pada Februari 2011, Lacey pun melahirkan putranya dengan cara caesar. Bayi laki-laki itu diberi nama Christian Buchanan.

Bagi Lacey, suara tangisan Christian yang pertama kali didengar menjadi hal yang paling indah. Dia menganggap bahwa jeritan Christian setelah operasi yang berjalan dengan lancar tersebut sebagai musik di telinganya.

Namun saat Lacey yang begitu bersemangat bertanya kepada tim medis seperti apa rupa putranya, semuanya diam dan tidak ada yang menjawab. Beberapa hari setelah itu, Lacey pun ditawarkan menemui anaknya untuk pertama kali sejak melahirkan, Bunda. Saat bayinya dibawa kepadanya, Lacey terus memeluk Christian yang terbungkus selimut dengan bagian mata yang ditutupi kain kasa.

Lacey tahu bahwa bayinya memiliki celah di bibir dan langit-langit mulut, serta kelainan pada wajahnya. Akhirnya, Lacey menyadari betapa serius situasi yang dihadapi putranya. Christian hanya memiliki kulit dan tulang, di mana matanya seharusnya berada, Bunda. Bayi kesayangannya itu lahir tanpa mata, Bunda.

Christian BuchananChristian Buchanan/ Foto: Facebook Lacey Nicole Buchanan

"Charles mengatakan bahwa seorang dokter telah datang dan berkata, anak kami buta dan tidak ada yang bisa dilakukan," kata Lacey.

Mengutip Thats Life, saluran telinga Christine juga tidak terbentuk dengan baik, Bunda. Ditambah lagi, dia harus makan melalui selang makanan.

Beberapa bulan kehidupan pertama Christian memang menjadi hal terberat. Dia harus bolak-balik masuk ruang operasi dan merasakan kesakitan.

"Dia berteriak selama 24 jam. Tidak tidur, hanya berteriak," kata Lacey.

Karena merasa tak tega, setelah 24 jam, Lacey pun mengemis kepada tenaga medis yang menanganinya untuk memberikan morfin kepada Christin agar dia bisa berhenti menangis dan beristirahat.

Setelah menjalani segala rintangan dan pandangan aneh orang-orang, Christian mampu tumbuh sebagai anak yang luar biasa dan menjadi inspirasi bagi banyak orang, Bunda.

"Saat kami membawanya pulang dari rumah sakit, keadaannya sulit. Setiap kali kami membawa Christian ke ruang publik, orang-orang akan menatap dan berbisik 'lihat bayi itu' di belakang saya," ujar Lacey.

Tantangan merawat Christian juga memberikan tekanan emosional pada pernikahan Lacey dan Charles. Pada titik terendah, Lacey dan Charles sempat berniat cerai. Tetapi melalui konseling pernikahan, cinta serta dukungan dari keluarga dan teman, mereka akhirnya membatalkan niat itu.

"Ada banyak waktu di mana saya hanya ingin menyerah karena itu lebih mudah untuk dilakukan. Tapi di sisi lain, saya melihat Christian masih bangun setiap hari, bahagia dan siap untuk menghadapi dunia dan siap melakukan apa yang diperlukan untuk sukses dan bahagia," tutur Lacey.

Christian sendiri bersekolah di sekolah tunanetra, bunda. Dia juga latihan karate dan tampaknya memiliki bakat di bidang itu.

Semoga kisah Lacey dan Christian ini bisa menginspirasi ya, Bunda.

Bunda, simak juga ciri-ciri hamil yang jarang disadari, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi