sign up SIGN UP search


kehamilan

Ibu Ini Operasi Caesar & Tumor Otak di Hari yang Sama, Meski Sukses Tapi...

Annisa Afani Kamis, 30 Jul 2020 18:21 WIB
Doctor examining belly of expectant mother in hospital room. Thailand. caption
Jakarta -

Perasaan ibu mana yang tak hancur saat mengetahui anaknya berjuang melawan maut? Hingga akhirnya, dia harus menerima kepergian putri tercinta setelah melakukan operasi caesar demi menyelamatkan bayi dalam kandungannya sekaligus operasi kanker otak untuk menyelamatkan dirinya.

Kisah sedih ini dialami seorang ibu asal Inggris. Wendy Crawley menceritakan rasa sedih atas kepergian putrinya, Angela, yang didiagnosis tumor otak kepada 276 tamu di Belfast Brain Game pada pertengahan tahun lalu.

Semua kisah sedih ini berawal ketika Angela mengalami dua kali kejang di rumah sakit setelah kembali dalam perjalanan keluarga ke Italia. Kala itu, Angela tengah mengandung anaknya, yang sudah berusia 30 minggu.


"Setelah melakukan banyak tes, Angela didiagnosa tumor otak stadium 4," katanya, dikutip dari Mirror.

Hal yang semakin membuat Wendy kian terpuruk ialah kemungkinan hidup yang dimiliki anaknya. Menurut dokter, Angela hanya dapat bertahan hidup dalam waktu enam bulan hingga dua tahun saja, Bunda.

Di tengah kondisi tersebut, putrinya yang pemberani itu memutuskan untuk menjalani dua operasi pada hari yang sama.

"Pertama, dia melakukan operasi caesar untuk bayinya. Kemudian dilanjutkan dengan operasi besar yang mengangkat tumor otaknya," tutur Wendy.

Kedua operasi yang dijalani Angela tersebut berjalan sukses, Bunda. Angela pun dapat beristirahat selama 10 hari setelahnya. Dia juga bisa menggendong bayinya, Ella untuk pertama kali setelah melahirkan.

Angela dan bayinyaAngela dan bayinya/ Foto: Mirror

Sayangnya, kesehatan Angela pun terus memburuk. Bahkan, pada Mei 2018, dia kehilangan keseimbangan dan jatuh. Ternyata ada tumor lain, Bunda. Dokter menemukan adanya tumor baru yang berkembang di otak kanannya.

Angela akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Marie Curie di Belfast. Di sana, dia mendapat perawatan intensif. Keluarganya pun bisa menemaninya, termasuk suami Angela, Tom dan putri mereka.

Setelah melakukan sejumlah perawatan dan perjuangan tanpa lelah, maut akhirnya menjemput Angela. Dia menghembuskan napas terakhir setelah ulang tahunnya ke-39.

"Pada 28 Juni 2018 bertepatan dengan 10 hari setelah ulang tahun ke-39, putri kami yang cantik meninggalkan kami begitu cepat," ujar Wendy.

Bunda, simak juga kisah dokter Reisa yang pernah mengalami operasi caesar dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi