sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tips Merawat Payudara Selama Hamil, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Minggu, 30 Aug 2020 13:45 WIB
Ibu hamil caption
Jakarta -

Perubahan bentuk payudara merupakan salah satu ciri hamil yang normal dialami seorang wanita. Hal ini terjadi karena payudara bersiap memproduksi ASI untuk menyusui.

Menurut Mary Jane Minkin, MD, profesor klinis kebidanan dan kandungan di Yale University School of Medicine, hormon berperan penting dalam perubahan bentuk payudara ibu hamil. Sebab, hormon lah yang membantu merangsang ASI keluar.

"Sejak awal kehamilan, hormon mulai berputar di payudara agar ibu siap menyusui," kata Minkin, dilansir Parents.


Sementara menurut dr.Suririnah dalam Buku Pintar Kehamilan & Persalinan, peningkatan hormon kehamilan menimbulkan pelebaran pembuluh darah di payudara. Hal ini bertujuan untuk persiapan nutrisi pada jaringan payudara sebagai persiapan menyusui.

"Dalam 3 bulan pertama kehamilan ini, puting susu dan daerah sekitarnya akan terlihat berwarna gelap. Hal ini terjadi karena peningkatan persediaan darah ke seluruh tubuh, daerah sekitar payudara akan tampak bayangan pembuluh-pembuluh vena di bawah kulit payudara," ujar Suririnah.

Pregnant womanIlustrasi Ibu Hamil/ Foto: iStock

Nah, selama masa kehamilan, Bunda mesti merawat payudara agar mempermudah saat menyusui si kecil. Berikut 5 tips perawatan payudara selama hamil menurut dr.Suririah:

1. Pakailah bara yang sesuai. Bila bra sudah mulai terasa sempit dan tak nyaman, sebaiknya ganti dengan bar yang sesuai ukuran untuk memberikan kenyamanan dan menyokong payudara dengan baik.

Bunda juga disarankan untuk menggunakan bra saat tidur. Jangan lupa untuk menyimpan bra lama, karena payudara akan kembali ke ukuran sebelum hamil usai berhenti menyusui.

2. Beli bra khusus untuk menyusui saat kehamilan memasuki usia 36 minggu. Bila membeli di awal kehamilan, ini akan sia-sia karena ukuran payudara masih akan bertambah besar sampai akhir kehamilan.

3. Berikan pijatan pada puting susu dengan lembut. Putar puting lembut dengan telunjuk dan ibu jari sekitar 10 detik saat mandi. Jika merasa kesulitan atau puting masuk ke dalam, Bunda bisa konsultasikan ke dokter untuk mencegah masalah saat menyusui.

Coba juga pijat lembut di area payudara yang berwarna gelap (areola). Cairan kental berwarna kekuningan (kolostrum) mungkin akan keluar dari puting. Bunda tidak perlu khawatir karena gerakan ini bisa membantu merangsang produksi ASI.

4. Pada kehamilan 5 bulan, terkadang kolostrum akan keluar dengan sendirinya. Bunda bisa bersihkan dengan air hangat ya.

5. Bersihkan payudara dan puting dengan air, lalu keringkan dengan handuk bersih. Tidak perlu menggunakan sabun karena dapat menyebabkan daerah puting menjadi kering.

Semoga informasi mengenai cara merawat payudara ibu hamil ini bermanfaat ya, Bunda.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi