sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Gejala yang Sering Dialami Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Siti Hafadzoh Minggu, 30 Aug 2020 08:03 WIB
pregnant young woman caption
Jakarta -

Bunda yang sedang hamil mungkin mengalami berbagai gejala. Mulai dari gejala gangguan pencernaan hingga perubahan pada kulit.

Beberapa gejala ini bisa saja membuat Bunda merasa tidak nyaman. Tapi, ternyata gejala ini umum dirasakan oleh ibu hamil kok. Jadi, Bunda tak perlu khawatir.

Gejala tersebut juga bisa diatasi dengan cara-cara sederhana kok. Misalnya, mengubah asupan makanan dan pola hidup.


Berikut ini 7 gejala yang sering dialamiĀ ibu hamil dan cara mengatasinya:

1. Kembung

Seiring bertambah besar janin, perut Bunda akan semakin tertekan. Ini lah yang menyebabkan perut Bunda terasa kembung dan sering kentut atau sendawa.

"Usus Anda menjadi sesak dan pencernaan Anda mungkin menjadi tidak menentu, membuat Anda mengeluarkan gas dan kembung," kata Sheri Bayles, RN, seorang ahli persalinan dikutip dari Parents.

Nah, cara mengatasinya adalah lebih sering makan dalam porsi kecil. Sebaiknya, hindari makanan yang berlemak dan mengandung pemanis buatan.

2. Sembelit

Gangguan pencernaan lainnya yang sering dialami ibu hamil yaitu sembelit. Kondisi ini bisa juga disebabkan oleh perubahan hormon nih, Bunda.

Menurut Suzanne Wong, dokter kandungan dari St. Joseph's Health Center di Toronto, hormon progesteron meningkat ketika hamil. Hormon inilah yang membuat pencernaan Bunda bekerja dengan lambat.

"Pada trimester kedua dan ketiga, pertumbuhan rahim bisa menekan usus besar. Lalu, ekstra zat besi dan kalsium yang terkandung di dalam vitamin kehamilan saling mengikat. Akhirnya, ibu hamil mengalami sembelit," kata Wong dikutip dari Today's Parent.

Untuk mencegah sembelit, Bunda perlu memperbanyak asupan serat ya. Bunda bisa mengonsumsi banyak buah segar, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Penglihatan buram

Bunda mungkin berpikir membutuhkan kacamata baru karena penglihatan buram. Masalah penglihatan selama hamil adalah efek samping dari retensi cairan.

Menurut Christine Greves, M.D., dokter kandungan di Winnie Palmer Hospital di Orlando, seluruh tubuh Bunda membengkak ketika hamil. Lensa dan kornea mata Bunda juga menjadi lebih tebal serta tekanan bola mata bisa berubah.

Penglihatan Bunda akan kembali normal kok setelah melahirkan. Tapi, pastikan ke dokter kalau penglihatan yang kabur ini bukan gejala dari preeklampsia ya.

Attractive pregnant female chilling while drinking fresh coffee from mug and relaxing at homeGejala yang Sering Dialami Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya/ Foto: iStock

4. Puting gatal

Seperti yang kita tahu, payudara dan puting membesar ketika hamil. Payudara dan puting membesar untuk persiapan menyusui, Bunda.

Ketika payudara membesar, kulit sensitif di area ini meregang. Sehingga, memicu rasa gatal yang terus menerus.

Untuk mengurangi rasa gatal, oleskan cocoa butter atau body lotion yang mengandung vitamin E setelah mandi. Hindari juga kain yang bisa menyebabkan iritasi, seperti wol.

5. Sering buang air kecil

Hormon kehamilan memberi sinyal pada otot panggul untuk rileks untuk persiapan persalinan. Inilah yang menyebabkan ibu hamil sering buang air kecil.

Bunda yang sedang hamil besar juga mungkin sering mengompol. Bahkan, ketika bersin atau cegukan.

Supaya tidak sering mengompol, Bunda bisa melakukan senam kegel nih. Lakukan beberapa kali sehari untuk memperkuat otot di sekitar kandung kemih.

6. Jerawat

Kehamilan bisa memicu jerawat pada wajah Bunda. Ini disebabkan oleh hormon yang ada selama Bunda hamil.

Bunda perlu berhati-hati nih kalau ingin mengatasi jerawat kehamilan. Beberapa bahan kimia yang ada di skincare untuk jerawat berbahaya bagi ibu hamil.

Sebaiknya, Bunda berkonsultasi dulu dengan dokter. Mungkin dokter akan merekomendasikan pembersih wajah yang lembut dan aman untuk ibu hamil.

7. Hidung mampet

Pengaruh hormon menyebabkan seluruh tubuh Bunda membengkak ketika hamil. Begitu pula dengan selaput hidung Bunda nih.

Pembengkakan tersebut mengurangi area sirkulasi udara. Akibatnya, ibu hamil merasa hidungnya mampet dan sering mendengkur ketika tidur.

Bunda dapat mengatasinya dengan tetes hidung atau memasang humidifier di ruangan. Bisa juga dengan menghirup uap air panas di kamar mandi selama beberapa menit.

Lihat 14 ciri hamil yang jarang disadari berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi