sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Doa Ibu Hamil Supaya Anak Saleh hingga Dihindari dari Keguguran

Haikal Luthfi Jumat, 02 Oct 2020 16:18 WIB
Young muslim girl with rosary praying on white background caption
Jakarta -

Berdoa merupakan salah satu bentuk komunikasi antara makhluk dengan Sang Pencipta. Dengan berdoa berarti menunjukkan pengakuan atas kebesaran Illahi dan kelemahan diri sebagai makhluk ciptaan-Nya.

Begitu juga saat masa kehamilan, Bunda. Pada momen ini, semuanya akan tercurah pada calon buah hati. Bunda dan pasangan pasti ingin melakukan yang terbaik demi janin di dalam kandungan supaya lahir sehat dan normal.

Banyak upaya yang bisa dilakukan, mulai dari mengonsumsi makanan bernutrisi dan melakukan hal yang disarankan dokter selama menjalani kehamilan. Selain itu, yang tak kalah penting adalah berdoa kepada Tuhan.


Mengutip buku yang berjudul 'Doa pada Masa Kehamilan (2010)', ibu hamil disarankan untuk memperbanyak membaca doa, terutama ketika umur kandungan menginjak empat bulan, di mana sebelum ruh ditiupkan ke dalam jasad janin. Disarankan juga Bunda hamil alias Bumil mengutamakan untuk membaca doa pada pagi dan sore hari karena waktu-waktu tersebut mengandung manfaat dan berkah yang sangat besar, Bunda.

Di samping itu, menurut para ahli pendidikan bahwa berdoa termasuk dalam proses pendidikan anak lho, Bunda. Disebutkan dalam buku yang berjudul 'Dahsyatnya Doa Para Nabi (2008)', proses pendidikan anak dapat dilakukan sejak dia masih di dalam kandungan. Mengajak janin untuk berkomunikasi melalui aktivitas ibu dengan berdoa, berdzikir dan membaca lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an dapat merangsang kecerdasan otak janin.

Dan berikut ini beberapa doa yang dapat diamalkan saat Bunda sedang hamil berdasarkan Al- Qur'an, yakni:

Muslim woman in headscarf and hijab prays with her hands up in air in mosque.Religion praying concept.Berdoa/ Foto: Getty Images/iStockphoto/isa_ozdere

1. Doa agar diberi anak yang saleh

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Rabbi hab lii minash shaalihiin. 

Artinya:

"Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh". (QS As Saffat: 100)

2. Doa mendapatkan keturunan yang baik

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Hunalika da'a zakariyya rabbah qala rabbii habli miladunka dzurriyyatan thoyyibah, Innaka sammi'uddu'aa. 

Artinya:

Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: "Ya Allah berikanlah kepadaku dari sisi-Mu keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau adalah pendengar permohonan doa". (QS Ali Imran: 38)

رَبِّ ٱجْعَلْنِى مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ

Rabbij'alni muqimas-salati wa min zurriyyati rabbana wa taqabbal du'a'.

Artinya:

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan keturunanku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan Kami perkenankanlah doaku. (QS. Ibrahim: 40)

3. Doa agar terhindar dari keguguran

ٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَحْمِلُ كُلُّ أُنثَىٰ وَمَا تَغِيضُ ٱلْأَرْحَامُ وَمَا تَزْدَادُ ۖ وَكُلُّ شَىْءٍ عِندَهُۥ بِمِقْدَارٍ

Allaahu ya'lami maa tahmilu kullu untsaa wa maa taghiidhul arhaamu wa maa tazdaadu wa kullu syai'in 'indahu bimiqdaar. 

Artinya:

"Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Sungguh, segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya". (QS Ar-Ra'd: 8)

إِنَّ ٱللَّهَ يُمْسِكُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ أَن تَزُولَا ۚ وَلَئِن زَالَتَآ إِنْ أَمْسَكَهُمَا مِنْ أَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِهِۦٓ ۚ إِنَّهُۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

Innallaha yumsikus-samawati wal-arda an tazula, wa la'in zalata in amsakahuma min ahadim mim ba'dih, innahu knna haliman gafara.

Artinya:

"Sungguh, Allah yang menahan langit dan bumi agar tidak lenyap; dan jika keduanya akan lenyap tidak ada seorang pun yang mampu menahannya selain Allah. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun." (QS.Fathir: 41)

4. Doa agar diberi anak yang beriman dan bertaqwa

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Wallazina yaquluna rabbana hab lana min azwajina wa zurriyyatina qurrata a'yuniw waj'alna lil-muttaqina imama. 

Artinya:

"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa". (QS Al-Furqan: 74)

5. Doa memohon perlindungan bayi

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Falammaa wa dho'atha qolat robbi innii wa dho'tuha untsaa walloohu 'alamu bima wadhoat walaisadz dzakaru kal unstaa wainnii sammaituha maryama wa innii u'idzuha bika wadzurriyyataha minasy syaitoonirrojiimi. 

Artinya:

"Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: 'Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari setan yang terkutuk". (QS. Al-Imran: 36)

Itulah beberapa doa yang bisa Bunda amalkan setiap hari selama kehamilan. Semoga bermanfaat ya, Bunda!

Simak juga Bunda, doa Joanna Alexandra atas kehadiran anak pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi