sign up SIGN UP search


kehamilan

Manfaat Membaca Doa Bagi Ibu Hamil dan Bacaannya, Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani   |   Haibunda Minggu, 24 Jul 2022 10:15 WIB
Ilustrasi wanita muslim hamil caption

Sebagai umat muslim, tentu Bunda tidak pernah henti menyelipkan doa di setiap kegiatan sehari-hari Bunda. Tentu saja hal ini juga termasuk bagi ibu hamil. Terlebih lagi, saat hamil biasanya setiap orang tua mengharapkan segala kebaikan bagi sang calon buah hati.

Doa yang bisa Bunda panjatkan saat hamil pun tentu beragam. Mulai dari keselamatan Bunda dan janin, kesehatan bagi kehamilan Bunda, kelancaran proses persalinan, hingga doa-doa terbaik yang kaya akan harapan bagi masa depan Si Kecil kelak.

Mengutip buku yang berjudul Doa pada Masa Kehamilan (2010), ibu hamil disarankan memperbanyak membaca doa, terutama ketika umur kandungan menginjak empat bulan, di mana sebelum ruh ditiupkan ke dalam jasad janin. Selain itu, dari buku ini juga disarankan agar Bunda hamil mengutamakan untuk membaca doa pada pagi dan sore hari karena waktu-waktu tersebut mengandung manfaat dan berkah yang sangat besar, Bunda.


Manfaat membaca doa bagi ibu hamil 

Tentu saja salah satu manfaat yang utama dari membaca doa bagi ibu hamil adalah doa sebagai media utama Bunda meminta kepada Allah SWT atas segala kebaikan bagi Bunda dan Si Kecil.

Namun selain itu, membaca doa saat ibu hamil juga memiliki manfaat di bidang pendidikan dan sebagai awal mula mengasah kecerdasan Si Kecil. Banyak ahli pendidikan yang berpendapat bahwa berdoa adalah salah satu bagian dari proses pendidikan anak, Bunda. 

Disebutkan dalam buku yang berjudul Dahsyatnya Doa Para Nabi (2008), proses pendidikan seorang anak dapat dilakukan sejak dia masih di dalam kandungan ibunya. Mengajak janin untuk berkomunikasi melalui aktivitas ibu dengan berdoa, berzikir dan membaca lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an dapat merangsang kecerdasan otak janin.

Doa ibu hamil

Lalu doa apa saja yang bisa Bunda panjatkan saat hamil? Berikut ini beberapa doa yang dapat diamalkan ibu hamil selama kehamilannya.

1. Doa agar diberi anak yang saleh

religious islamic background of hands of muslim prayer woman with prayer beads in dua praying for allah blessing in mosqueManfaat Membaca Doa Bagi Ibu Hamil dan Bacaannya / Foto: Getty Images/iStockphoto/Mongkolchon Akesin

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Rabbi hab lii minash shaalihiin.

Artinya:

"Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh". (QS As Saffat: 100)

2. Doa mendapatkan keturunan yang baik

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهُ ۖ قَالَ رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Hunalika da'a zakariyya rabbah qala rabbii habli miladunka dzurriyyatan thoyyibah, Innaka sammi'uddu'aa.

Artinya:

Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: "Ya Allah berikanlah kepadaku dari sisi-Mu keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau adalah pendengar permohonan doa". (QS Ali Imran: 38)

رَبِّ ٱجْعَلْنِى مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ

Rabbij'alni muqimas-salati wa min zurriyyati rabbana wa taqabbal du'a'.

Artinya:

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan keturunanku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan Kami perkenankanlah doaku. (QS. Ibrahim: 40)

Simak doa lainnya di halaman berikutnya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



DOA-DOA IBU HAMIL PILIHAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!