sign up SIGN UP search


kehamilan

Hati-hati! 5 Virus Ancam Keselamatan Ibu Hamil, Salah Satunya Influenza

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 07 Jan 2021 10:02 WIB
Young beautiful pregnant asian woman standing and touching belly near the window in bedroom. Pregnancy, motherhood wearing virus protection mask mouth concept. caption

Jakarta - Selain menjaga makanan agar tetap sehat selama hamil, Bunda juga disarankan untuk lebih waspada terhadap berbagai macam virus. Hal ini penting menjadi perhatian, agar tidak membahayakan Bunda dan janin hingga proses melahirkan tiba.

Perlu Bunda sadari  bahwa ada macam-macam virus pada ibu hamil yang perlu diwaspadai. Hal ini sangatlah penting mengingat bahwa bahaya infeksi virus selama kehamilan menjadi lebih rentan mengancam keselamatan ibu dan janin.

Terlebih, saat ini semua orang harus menghadapi risiko pandemi yang secara signifikan dapat memengaruhi ibu hamil dan janin. Terdapat bukti epidemiologi yang kuat bahwa ibu hamil berisiko lebih tinggi mengalami penyakit parah dan kematian akibat infeksi virus. Ini dapat terlihat selama pandemi seperti influenza, ebola, dan lainnya.


Selain itu, infeksi virus juga dapat memengaruhi kehamilan Bunda di mana dapat mengakibatkan persalinan prematur dan bayi terlihat prematur. Karenanya, selama kehamilan para ibu hamil harus memahaminya. Apalagi, mereka berada pada risiko yang lebih tinggi sehingga dibutuhkan pengobatan serta pencegahan yang tepat.

"Bagi mereka yang berisiko lebih tinggi, kami  merekomendasikan untuk membatasi kontak dengan orang lain sebanyak mungkin, atau membatasi kontak pada sejumlah kecil orang yang bersedia mengambil tindakan untuk mengurangi risiko Bunda terinfeksi," ujar Dr Robert Redfield, Direktur CDC, seperti dikutip dari laman APNews.

Dari daftar orang yang mungkin berisiko tinggi terkena virus, di antaranya termasuk ibu hamil, perokok, dan mereka yang menderita asma, memiliki diabetes, dan lainnya.

Untuk itu, Bunda pun perlu berhati-hati terhadap risiko tersebut. Salah satunya dengan mengetahui macam-macam virus pada ibu hamil seperti di bawah ini agar dapat melakukan pencegahan dengan tepat:

1. Virus Zoster Varicella

Varicella juga dikenal sebagai cacar air, adalah penyakit primer akut dari virus varicella zoster. Ini merupakan penyakit umum, sangat menular, dan sembuh dengan sendirinya yang terlihat terutama selama masa kanak-kanal. 

Penularannya melalui tetesan pernapasan atau kontak dekat dan menyebabkan ruam yang meluas dimulai pada wajah dan tubuh dan kemudian bergerak ke ekstremitas, seperti dikutip dari laman NCBI.

2. Rubella

Virus ini ditularkan melalui tetesan pernapasan dan terutama penyakit ringan pada anak-anak. Pada orang dewasa, rubella adalah penyakit yang dapat sembuh sendiri yang awalnya ditandai dengan ruam yang khas. Masa inkubasinya adalah 12 hingga 23 hari. 

Pada ibu hamil, akibat dari terinfeksi virus ini bisa muncul abortus spontan, infeksi janin, kelahiran mati, dan lainnya. Sehingga, ibu hamil mesti mewaspadai risiko ini secara lebih luas.

3. Hepatitis

Hepatitis juga menjadi salah satu virus yang perlu Bunda waspadai ya. Sebab, ini menjadi bagian dari virus yang menjadi penyebab paling umum penyakit kuning pada kehamilan. Perjalanan sebagian besar infeksi virus pun biasanya tidak dipengaruhi oleh kehamilan. Sehingga, Bunda perlu mewaspadai risiko ini dan lebih berhati-hati selama kehamilan.

4. Ebola

Virus ini menyebabkan demam berdarah yang langka namun parah di mana disebabkan oleh lima spesies virus Ebola yang berbeda.

5. Influenza

Gejala influenza termasuk batuk, demam, sakit kepala, dan sakit tenggorokan menjadi beberapa diantaranya. Gejala lainnya yang kurang umum juga bisa muncul seperti mual dan muntah, serta adanya demam, kemerahan pada wajah, dan lainnya.

Pada ibu hamil, kelompok ini berisiko tinggi mengalami komplikasi parah influenza. Apalagi kehamilan merupakan faktor risiko tertinggi untuk peningkatan penyakit dan kematian. Karenanya, mendapatkan vaksinasi influenza biasanya direkomendasikan pada ibu hamil sebagai langkah preventif.

Nah, itulah macam-macam virus pada ibu hamil ya, Bunda. Semoga membantu, Bunda.

Bunda, pahami lebih jauh mengenai virus zika dalam video di bawah ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Hijaber Turki
(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi