sign up SIGN UP search

kehamilan

5 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Bunda Perlu Tahu

Haikal Luthfi Jumat, 25 Dec 2020 09:06 WIB
mung bean porridge caption
Jakarta -

Selama kehamilan, penting untuk menjaga pola makan yang sehat, Bunda. Sebab pada saat hamil, tubuh membutuhkan nutrisi, vitamin dan mineral tambahan demi menjaga kesehatan tubuh dan janin dalam rahim.

Jika pola makan tidak tepat, maka akan terjadi kekurangan nutrisi yang dapat memengaruhi perkembangan bayi dalam kandungan. Nah, salah satu asupan yang bermanfaat untuk ibu hamil adalah kacang hijau.

Kacang hijau atau vigna radiata memiliki ukuran kecil yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan. Dalam sejarahnya, tanaman ini telah dibudidayakan sejak zaman dahulu dan sangat populer di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.


Kacang hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan. Karena asupan ini merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya nilai gizi, seperti kalsium, zat besi, kalium, fosfor, asam folat, vitamin B, vitamin A, vitamin C, magnesium, karbohidrat, dan beragam nutrisi lainnya.

Mengutip HealthLine, kacang hijau mengandung banyak antioksidan sehat yang dapat membantu menetralkan molekul berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas penyebab penyakit kronis, Bunda. Beberapa penyakit kronis tersebut, di antaranya jantung koroner, kanker, dan penyakit lainnya.

Sebuah studi tahun 2017 yang dipublikasikan NCBI menunjukkan bahwa pola makan nabati adalah cara penting bagi seseorang untuk meningkatkan kesehatan mereka, dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Dengan banyak mengonsumsi kacang hijau bisa menjadi cara yang baik untuk memasukkan lebih banyak makanan nabati ke dalam menu makanan sehari-hari. Selain itu, kacang hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu melindungi terhadap serangan panas, suhu tubuh tinggi, dan dehidrasi.

Manfaat kacang hijau bagi ibu hamil

Nutrisi dalam kacang hijau dapat bermanfaat selama kehamilan, Bunda. Sebab, ini juga bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Biasanya kacang hijau diolah dan disajikan dalam bentuk salad, sup, dan bubur.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat luar biasa dari kacang hijau untuk ibu hamil yang meliputi:

mung bean porridgekacang hijau/ Foto: iStock

1. Mencegah anemia

Tak dapat dimungkiri, tubuh ibu hamil akan menghasilkan lebih banyak darah selama kehamilan demi mendukung pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Sehingga tubuh membutuhkan lebih banyak zat besi untuk mencegah anemia.

Mengutip WebMD, Anemia bisa membuat ibu hamil merasa lelah dan lemas. Jika ini dibiarkan, maka bisa bertambah parah dan tidak menutup kemungkinan meningkatkan risiko komplikasi serius seperti persalinan prematur.

Kacang hijau mengandung zat besi yang diperlukan untuk pembentukkan sel darah sehingga dapat mengatasi efek penurunan kadar hemoglobin, yang berperan dalam pembentukan sel darah merah untuk mencegah anemia.

2. Sumber asam folat

Dalam kehamilan, asam folat berperan penting dalam pembentukan organ dan tumbuh kembang janin. Beberapa jenis kacang-kacangan merupakan sumber folat yang bagus, salah satunya yang terdapat pada kacang hijau.

Laporan Departemen Pertanian di Amerika (USDA) menyatakan bahwa 100 gram (gr) kacang hijau mengandung 159 mikrogram (mcg) asam folat. Tunjangan harian yang direkomendasikan untuk folat adalah 400 mcg untuk orang dewasa dan 600 mcg selama kehamilan, Bunda.

3. Makanan untuk kecerdasan janin

Kacang-kacangan termasuk kacang hijau merupakan jenis nutrisi yang turut membantu perkembangan sistem saraf pada janin, sekaligus dapat menekan risiko ibu melahirkan prematur, Bunda.

Kacang hijau mengandung sumber vitamin yang tinggi, seperti omega 3 dan omega 6 untuk produksi sel otak. kandungan tersebut dapat meningkatkan kecerdasan bayi saat mereka lahir.

4. Menjaga sistem pencernaan

Kacang hijau kaya akan serat tinggi, Bunda. Sehingga, berkhasiat untuk kesehatan pencernaan. Ini dapat membantu mengatasi rasa sembelit selama kehamilan, ketidaknyamanan yang dialami oleh kebanyakan ibu hamil.

Mengutip Very Well Family, beberapa wanita yang sedang hamil akan mengalami sembelit yang berkembang setelah mereka hamil. Sembelit biasanya terkait dengan hormon kehamilan yang dapat memperlambat sistem pencernaan, Bunda.

5. Sumber energi

Ibu hamil kerap mengalami kelelahan. Karena itu, mereka membutuhkan lebih banyak energi untuk menjaga janin agar tetap aman.

Dikutip dari laman Dr Health Benefits, kacang hijau mengandung sumber karbohidrat yang tinggi, yaitu karbohidrat kompleks. Sedangkan karbohidrat kompleks bermanfaat untuk pembentukan energi agar tubuh tetap fit. Selain itu, karbohidrat kompleks mudah diserap tubuh untuk dijadikan sebagai penambah energi.

Bunda, semoga informasi ini bermanfaat ya.

Simak juga Bunda, resep onde-onde isi cokelat pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!