sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Minum Air Kacang Hijau Saat Hamil Bikin Rambut Bayi Lebat & Hitam?

Annisa Karnesyia Minggu, 20 Jun 2021 11:14 WIB
cara membuat bubur kacang hijau caption
Jakarta -

Kacang hijau merupakan salah satu jenis makanan yang bisa dikonsumsi selama hamil, Bunda. Lalu benarkan air rebusan kacang hijau juga bisa bikin rambut bayi lebat dan hitam ya?

Menurut Harvard Medical School, kacang hijau mengandung banyak zat besi yang diyakini dapat meningkatkan kesuburan. Kacang hijau juga mengandung asal folat yang diperlukan selama kehamilan.

"Asupan asam folat yang cukup diperlukan selama kehamilan untuk melindungi janin dari cacat tabung saraf," kata ahli nutrisi Megan Ware, RDN, L.D., dilansir Medical News Today.


"Satu cangkir kacang hijau juga menyediakan sekitar 10 persen kebutuhan asam folat harian dan 6 persen zat besi," sambungnya.

Secara umum, kacang hijau mengandung sebanyak 24 persen protein, Bunda. Kandungan protein ini dapat membantu pertumbuhan sel-sel tubuh, termasuk sel rambut. Nah, dengan mengonsumsi kacang hijau selama kehamilan, Bunda bisa mendapatkan manfaat protein ini nih.

Rumah Mewah Bocah Madura di ArabRumah Mewah Bocah Madura di Arab/ Foto: Mia Kurnia Sari

Meski begitu, manfaat protein untuk pertumbuhan rambuh hanya bisa diperoleh dari konsumsi langsung ya. Kandungan protein pada kacang hijau tidak terdapat di air rebusannya.

"Kandungan tersebut terdapat pada setiap biji kacang hijau, bukan pada air rebusannya. Pada air rebusan, Anda hanya akan mendapatkan air dan sedikit protein," ujar Yazid Subakti dan Deri Rizki Anggarani dalam buku 99 Mitos Seputar Kehamilan.

Selain itu, untuk tiap helai rambut, bayi membutuhkan beberapa nutrisi pembangun dan pemeliharaanya. Berikut beberapa nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut bayi dalam kandungan:

1. Protein hewani dan nabati sebagai bahan utama pembentuk sel rambut.

2. Vitamin B, B6, B12, dan asam folat yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan pembawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk ke kulit kepala untuk pertumbuhan rambut bayi.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

NUTRISI UNTUK PERTUMBUHAN RAMBUT JANIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi