sign up SIGN UP search


kehamilan

Dear Bumil, Ini Panduan Pemeriksaan Kehamilan di Masa Pandemi

Kurnia Yustiana Sabtu, 26 Dec 2020 14:08 WIB
Young beautiful pregnant asian woman standing and touching belly near the window in bedroom. Pregnancy, motherhood wearing virus protection mask mouth concept. caption
Jakarta -

Pandemi COVID-19 belum berakhir ya, Bunda. Bagi Bunda yang tengah mengandung mungkin ada rasa khawatir ketika harus rutin ke rumah sakit untuk memeriksakan perkembangan janin.

Walau begitu, pemeriksaan antenatal atau pemeriksaan kehamilan harus tetap dilakukan ya, Bunda. Dilansir laman United Kingdom National Health Service (NHS), ini berguna untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik ibu hamil. Sehingga ibu hamil mampu menghadapi persalinan, kondisi di kala nifas, serta persiapan pemberian air susu ibu untuk sang buah hati.

Selama masa kehamilan di kala pandemi COVID-19, pemeriksaan antenatal bisa dilakukan sekira 6 kali. Nah, supaya aman, pastinya ada protokol kesehatan yang perlu diikuti.


Lalu seperti apa prosedurnya? Dikutip dari Pedoman Pelayanan Antenatal, Persalinan, Nifas, dan Bayi Baru Lahir yang dirilis Kementerian Kesehatan, berikut ini pelayanan pemeriksaan antenatal di era new normal:

1. Trimester 1

Pada pemeriksaan kehamilan pertama di trimester 1, skrining faktor risiko akan dilakukan oleh dokter dengan menerapkan protokol kesehatan. Kalau Bunda datang pertama kali ke bidan, maka bidan tetap melakukan pelayanan antenatal seperti biasa, kemudian Bunda dirujuk ke dokter untuk dilakukan skrining.

Sebelum ibu melakukan kunjungan antenatal secara tatap muka, Bunda bisa membuat janji melalui telepon atau secara daring demi mengurangi faktor risiko dan gejala COVID-19.

Kalau ternyata ada gejala COVID-19, Bunda akan dirujuk ke RS untuk dilakukan swab. Namun jika sulit untuk mengakses RS rujukan maka dilakukan rapid test. Pemeriksaan skrining faktor risiko kehamilan dilakukan di RS Rujukan.

Sedangkan kalau tidak ada gejala COVID-19, maka dilakukan skrining oleh dokter di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), Bunda.

Untuk informasi selanjutnya, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga Bunda, isi tas siaga yang perlu dipersiapkan ketika anak keluar rumah di tengah pandemi:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner liburan
(kuy/som)
Panduan Pemeriksaan Kehamilan di Masa Pandemi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi