sign up SIGN UP search


kehamilan

6 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Ibu Hamil, Buah hingga Ikan

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 05 Jan 2021 14:08 WIB
Pregnant woman sitting on sofa and having headache caption

Jakarta - Saat hamil, mau tak mau pola hidup biasanya berubah ya, Bunda. Termasuk di antaranya memperbaiki asupan bergizi demi kesehatan ibu dan juga bayi dalam kandungan.

Nah, seringkali nih, tak sedikit Bunda yang sulit mengubah pola tersebut secara perlahan-lahan. Padahal, berbagai risiko termasuk peningkatan kolesterol juga menjadi ancaman tersendiri selama kehamilan.

Tentu saja ini menjadi tantangan serius untuk dihadapi saat hamil ya, Bunda. Apalagi, kondisi kolesterol tinggi bisa lebih sulit ditangani saat Bunda hamil. Sehingga, perlu antisipasi serius agar kadar kolesterol tetap terjaga.


Perlu Bunda tahu, kadar kolesterol meningkat secara alami pada titik-titik tertentu selama kehamilan untuk membantu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan janin yang sedang tumbuh. 

Hal ini berlaku bahkan pada Bunda yang memiliki kadar kolesterol normal sebelum kehamilan. Sementara bagi Bunda yang terlanjur memiliki kolesterol tinggi, kemungkinan kadarnya tentu dapat naik lebih tinggi lagi sehingga perlu diwaspadai ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Healthline.

Saat Bunda hamil, kadar kolesterol dapat naik sebanyak 25 hingga 50 persen selama trimester kedua dan ketiga, seperti dikatakan Carolyn Gundell, seorang ahli gizi di Reproductive Medicine Associates di Connecticut.

"Kolesterol diperlukan untuk produksi dan fungsi hormon steroin seperti estrogen dan progesteron. Hormon seks ini sangat penting untuk kehamilan yang sehat dan lancar,"jelasnya.

Gundell juga menambahkan bahwa kolesterol diperlukan untuk produksi dan fungsi hormon steroid seperti estrogen dan progesteron. Selain itu, kolesterol juga berperan dalam perkembangan otak, anggota tubuh, dan sel bayi, dan dalam ASI yang sehat.

Meskipun kenyataannya kolesterol diperlukan, tetapi Bunda juga perlu waspada karena kadar yang terlalu tinggi dapat menimbulkan risiko kesehatan di kemudian hari.

Simak ulasan berikutnya di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak ya makanan penyebab darah tinggi seperti dibahas dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Maia Estianty Sembuh Covid-19



(rap/rap)
6 makanan untuk meredakan kolestrol ibu hamil
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi