sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Pemberian Progesteron Bisa Kurangi Risiko Keguguran?

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 03 Jan 2021 10:08 WIB
Young Asian mother getting an ultrasound and check up during her pregnancy. caption

Jakarta - Hormon progesteron sering disebut sebagai hormon kehamilan. Hormon ini merupakan hormon alami yang diproduksi dari ovarium pada setiap siklus menstruasi dan juga dari plasenta pada awal kehamilan.

Keberadaan hormon progesteron memang sangat penting dalam kehamilan, mulai dari persiapan rahim untuk implantasi zigot yang baru dikandung, hingga memberi nutrisi pada awal kehamilan. Lalu, berlanjut untuk mempertahankan janin cukup bulan sampai siap dilahirkan.

Sebuah studi baru dari Universtiy of Birmingham dan Tommy National Centre for Miscarriage Research, wanita yang mengalami perdarahan selama awal kehamilan dan mereka yang mengalami keguguran lebih awal diproyeksi seharusnya bisa memperoleh manfaat dari progesteron, agar sekitar 8.500 bayi dapat diselamatkan setiap tahun.


Hormon progesteron diketahui sudah jadi obat tradisional pilihan bagi para wanita pada kehamilan berikutnya setelah keguguran, seperti dikutip dari laman Newsmedicalnet.

Dalam penelitian yang dipimpin University of Birmingham, menunjukkan bahwa memberikan progesteron kepada wanita hamil dengan perdarahan awal kehamilan dan riwayat keguguran dapat meningkatkan mereka untuk memiliki bayi.

Uji coba PRISM membuktikan, sebanyak 4.153 wanita hamil yang memiliki riwayat perdarahan di awal kehamilan. Para wanita tersebut dirawat di 48 rumah sakit di seluruh Inggris, dengan rata-rata usia 31 tahun. Satu kelompok dari 2.079 wanita diberikan progesteron, sedangkan kelompok lainnya sebanyak 2.074 diberikan progesteron plasebo.

"Uji coba ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan penting, apakah progesteron yang diberikan kepada wanita hamil dengan riwayat keguguran akan meningkatkan jumlah bayi yang lahir setelah setidaknya 34 minggu kehamilan atau tidak jika dibandingkan dengan plasebo," kata Dr Adam Devall, Senior Clinical Trial Fellow di University of Birmingham dan Manager of Tommy National Centre for Miscarriage Research, dikutip dari laman Sciencedaily.

Meski penelitian tersebut tidak memberi bukti cukup kuat secara statistik, untuk menunjukkan bahwa progesteron dapat membantu semua wanita yang menderita perdarahan awal kehamilan untuk memiliki bayi, hal terpenting hasilnya membuktikan hormon tersebut bermanfaat bagi mereka yang mengalami perdarahan awal kehamilan dan sebelumnya mengalami keguguran.

Simak bahasan selanjutnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, simak juga penjelasan apakah antibiotik bisa memicu keguguran, seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat PandemiFoto: Mia Kurnia Sari
Benarkah pemberian hormon progesteron bisa kurangi risiko keguguran?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi