sign up SIGN UP search


kehamilan

Deretan Mitos Seputar Tanda Hamil Bayi Laki-laki

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 23 Jan 2021 21:35 WIB
Young pregnant woman suffering from abdominal pain at home caption

Jakarta - Proses melahirkan menjadi momen yang dinanti-nanti sekaligus mendebarkan ya, Bunda. Apalagi buat Bunda yang baru pertama kali melewatinya.

Biasanya, rasa tak sabar hingga deg-degan akan bercampur menjadi satu melewati proses melahirkan. Hal ini memang wajar terjadi ya, Bunda. Karena, proses melahirkan memang tidaklah mudah.

Belum lagi, Bunda kerap dilanda rasa deg-degan karena menanti jenis kelamin bayi yang Bunda dan Ayah harapkan. Nah, katanya nih, Bunda, seringkali ada tanda-tanda yang muncul lho pada proses kehamilan bayi laki-laki ataupun bayi perempuan.


Ada mitos tanda-tanda yang seringkali disebut sebagai petunjuk Bunda mengandung bayi dengan jenis kelamin tertentu, yang belum tentu benar.

Pada Bunda yang mengandung bayi laki-laki misalnya, Bunda disebut mungkin mengalami morning sickness yang tak separah saat hamil anak perempuan. Meskipun realitanya, mual di pagi hari memang bervariasi, Bunda, seperti dikutip dari laman Healthline.

Kemudian, saat mengandung bayi laki-laki seringkali Bunda lebih menyenangi makanan asin dan gurih. Meskipun hal tersebut seringkali tidak sepenuhnya benar, tetapi memang kerap dialami para bumil yang mengandung anak laki-laki, Bunda. 

Bunda yang mengandung anak laki-laki juga dipercaya memiliki wajah yang bebas jerawat. Hal ini diyakini karena ketika Bunda hamil anak perempuan, maka mereka akan mencuri kecantikan ibunya sehingga kerap kali berjerawat.

Oh iya, Bunda yang mengandung anak laki-laki pun kerap dikaitkan dengan detak jantung di bawah 140. Sementara jika detak jantungnya lebih tinggi dari 140 maka kemungkinannya Bunda mengandung anak perempuan.

Ini adalah klaim yang menyesatkan tanpa penelitian yang mendukung ya, Bunda. Studi berjudul Gender-Related Differences in Fetal Heart Rate During First Trimester membantah mitos yang menyatakan tidak ada perbedaan signifikan antara denyut jantung janin laki-laki dan perempuan di trimester pertama kehamilan.

Terlepas dari jenis kelaminnya, denyut jantung janin normal adalah 120-160 bpm. Mungkin juga bisa lebih tinggi antara 140-160 bpm pada awal kehamilan, dan lebih rendah antara 120-140 bpm menuju tahap akhir kehamilan.

Simak ulasan selengkapnya di HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga video perlindungan untuk ibu hamil dan balita selama pandemi COVID-19:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Fanny Fabriana Sekeluarga Terkena Covid-19Foto: Mia Kurnia Sari



Mitos Seputar Tanda Hamil Bayi Laki-laki
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi