sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Camilan Sehat dan Enak untuk Ibu Hamil, Bisa Dicoba Bun

Erni Meilina Senin, 01 Feb 2021 07:04 WIB
Ilustrasi ibu hamil caption
Jakarta -

Sebagai Ibu, tentunya Bunda memberikan apapun yang terbaik untuk Si Kecil. Terutama dari segi makanan yang mengandung banyak nutrisi baik untuk tumbuh kembang sang buah hati. Bahkan, dari Si Kecil masih dalam kandungan pun Bunda selalu memberikan yang terbaik untuknya.

Dimulai dengan menjaga makanan dan pola hidup yang sehat, adalah salah satu upaya Bunda memberikan Si Kecil nutrisi yang baik. Menjaga makanan bukan berarti Bunda enggak boleh ngemil lho ya. Bunda tetap diperbolehkan untuk mengonsumsi camilan di sela-sela waktu makanan utama. 

Camilan sehat untuk Ibu hamil diharuskan untuk memiliki berbagai macam kandungan nutrisi, baik makro atau mikronutrien. Camilan sehat ini adalah makanan yang tinggi nutrisi yang dibutuhkan tubuh dikutip dari Health Line, termasuk protein, kalsium, asam folat, asam lemak omega-3, B12, zat besi, yodium, dan berbagai jenis vitamin. 


Ada beragam jenis camilan sehat untuk bumil yang bisa Bunda pilih. Bahkan camilan sehat ini juga bisa lho Bunda buat sendiri di rumah tanpa harus repot-repot membelinya di supermarket atau minimarket. Berikut daftar camilan sehat yang enak untuk Ibu hamil, dilansir WEB MD, Parents, dan Health Line.

1. Apel, Selai Kacang, dan Biskuit

Untuk Ibu hamil, camilan sehat terbaik seperti yang satu ini. Yaitu, dengan menggabungkan setidaknya dua kelompok makanan.

Dengan protein, serat, dan lemak sehat, Bunda akan tetap kenyang di antara waktu makan. Oleskan 1 atau 2 sendok makan selai kacang ke irisan apel dan biskuit gandum. Pilih selai kacang alami daripada biasa, yang memiliki minyak terhidrogenasi yang tidak sehat. Cobalah kombinasi yang berbeda dari selai kacang seperti almond atau mete dan buah seperti pir atau pisang.

2. Smoothie buah dan Yoghurt

Terkadang smoothie yang Bunda beli di toko terdekat sering kali mengandung banyak gula dan rendah buah. Ada baiknya Bunda siapkan sendiri di rumah dengan menggunakan yoghurt tanpa lemak dan buah pilihan sendiri dan Bunda akan mendapatkan porsi protein, kalsium, dan nutrisi penting lainnya yang sehat. 

Buah beku akan membuat smoothie Bunda bertekstur lebih kental, jadi gunakan buah segar jika Bunda menyukai tekstur yang lebih encer. Dan jangan berlebihan dalam mengonsumsi jus. Kalori dan gula dalam jus , bahkan jus buah 100 persen pun bisa bertambah dengan cepat.

3. Cottage Cheese

Protein dan kalsium ini dapat menjadi pilihan. Membuat cottage cheese bisa terasa manis atau gurih, tergantung suasana hati Bunda. Sajikan cottage cheese dengan segala bumbu seperti irisan tomat, dan sedikit biskuit. Atau Bunda juga bisa memakannya dengan roti bakar gandum lalu olesi dengan cottage cheese, irisan pisang, dan sedikit madu.

4. Cokelat dan buah

Kabar baik nih untuk Bunda pencinta cokelat. Cokelat juga dapat dijadikan sebagai camilan sehat untuk Bunda yang sedang hamil, lho. Ini dapat menurunkan risiko preeklamsia, yang di mana ini merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kerusakan organ pada beberapa wanita hamil. 

Bunda dapat memilih buah berlapis cokelat, agar camilan Bunda tidak terlalu manis. Puding coklat yang dibuat dengan susu rendah lemak akan meningkatkan asupan susu Bunda dan membantu membangun tulang Si Kecil. Yoghurt coklat juga memiliki bakteri untuk membantu usus Bunda.

5. Kentang panggang dengan toppers

Kentang adalah camilan sehat  lainnya yang dapat Bunda pilih. Kentang mudah dibuat di microwave tetapi juga bisa dimakan dingin. Kulit kentang tinggi serat tidak larut sehingga dapat membantu mengatasi sembelit. Kentang juga mengandung kalium, asam folat, dan zat besi. 

Zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh dan berperan dalam perkembangan otak. Vitamin C, nutrisi lain dalam kentang, dapat membantu tubuh Bunda menyerap zat besi dengan lebih baik. Alih-alih menggunakan mentega atau krim di atas kentang Bunda, cobalah yogurt tanpa lemak tanpa lemak dan taburan daun bawang.

6. Setengah Sandwich Tuna

Aturan baru mengatakan tidak apa-apa bagi Ibu hamil untuk makan dua hingga tiga porsi ikan per minggu. Tuna kaya akan protein, rendah merkuri yang merupakan sumber asam lemak omega-3 dan DHA yang baik, yang membantu perkembangan otak bayi Bunda. Untuk tambahan serat dan lemak sehat, pasangkan dengan alpukat pada gandum utuh. Jika Bunda sedang dalam perjalanan, bawalah kantong tuna satu porsi bersegel vakum dan sekantong biskuit gandum untuk membuat camilan segar di mana saja.

7. Telur rebus

Telut tinggi akan protein. Telur yang dimasak hingga matang adalah camilan sehat yang enak saat Bunda bepergian. Jika Bunda adalah tipe yang hanya makan putih telur, namun sekarang waktunya untuk makan kuning telur juga. Sementara putih telur tinggi protein, kuning telur penuh dengan nutrisi berharga, termasuk kolin, yang berperan dalam perkembangan otak dan sistem saraf janin, dan folat, yang membantu mencegah cacat tabung saraf. Masak telur sekali seminggu sehingga Bunda dapat dengan mudah mengambilnya saat waktunya singkat.

8. Protein Bar dan Buah

Simpan camilan sehat di tas, laci meja, dan mobil Bunda sehingga Bunda dapat makan kapan pun rasa lapar merasuk. Protein bar dan energi dapat disimpan dengan baik, serta lebih bergizi daripada batangan granola. Sebagian besar memiliki serat, protein, dan lemak sehat tanpa banyak gula. Cangkir persik atau pir kalengan porsi tunggal rasanya manis dan kaya serat, dan akan siap saat Bunda ingin memakannya kapan pun. Pastikan mereka dikemas dengan jus 100 persen ya Bun, bukan sirup.

9. Setengah pisang

Pisang secara alami lebih tinggi gula daripada beberapa buah lainnya, yang membuatnya sedikit lebih tinggi kalori juga. Tapi itu tidak berarti Bunda tidak boleh memakannya. Pisang memberi Bunda serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B6 dalam dosis yang baik. Vitamin B6 membantu membentuk sel darah merah, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin B6 dapat membantu mengatasi mual di pagi hari. Gulung pisang dengan sedikit  biji gandum dan Bunda akan mendapatkan vitamin B tambahan, vitamin E antioksidan, dan serat.

10. Popcorn dan kacang

Camilan sehat yang satu ini memiliki serat yang tinggi sehingga dapat membantu sembelit. Bunda dapat membuat popcorn kaya serat di rumah atau di kantor untuk Bunda sendiri. Lewati step yang menambahkan garam dan mentega ya, Bun. Pasangkan camilan ini dengan segenggam kacang tanah bebas garam, dan Bunda akan mendapatkan camilan sehat yang lezat. Gunakan kacang yang dilapisi cokelat untuk memuaskan rasa manis Bunda.

Simak juga fakta air kelapa untuk ibu hamil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner para mualafFoto: Mia Kurnia Sari



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi