kehamilan

Pilihan Camilan Sehat dan Bernutrisi untuk Ibu Hamil

Annisa Karnesyia Minggu, 07 Jul 2019 11:00 WIB
Pilihan Camilan Sehat dan Bernutrisi untuk Ibu Hamil
Jakarta - Ibu hamil nafsu makannya meningkat dan sering lapar? Wajar kok, Bun. Saat hamil, kebutuhan nutrisi makin banyak dan memerlukan tambahan makanan kira-kira 50 persen dari biasanya. Akibatnya, nafsu makan meningkat.

Menurut dr.Fredrico Patria, SpOG dalam buku Dahsyatnya Hamil Sehat dan Normal, rasa lapar menjadi pertanda bahwa janin sedang membutuhkan nutrisi. Ibu tidak perlu makan terlalu banyak, tapi cukup perhatikan kualitas makanan tambahan yang sesuai dengan zat-zat yang diperlukan untuk janin.

Salah satu pemenuhan nutrisi bisa dari camilan sehat. Kata ahli gizi Dr.Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, salah satu camilan yang disarankan adalah kacang-kacangan yang diolah dengan cara direbus.


"Kacang pistachio atau almond boleh. Tidak disarankan camilan dengan bahan tambahan pangan yang terlalu banyak," kata Rita kepada Haibunda baru-batru ini.

Hindari jua camilan manis ya, Bun. Selain memberi kalori berlebih untuk ibu hamil, zat gizi menjadi enggak berimbang dan bisa memicu kenaikan asam lambung.

"Camilan lain yang terlalu asin juga jangan, bisa ganggu tekanan darah yang meningkatkan risiko eklampsia," ujar Rita.

Pilihan Camilan Sehat dan Bernutrisi untuk Ibu HamilPilihan Camilan Sehat dan Bernutrisi untuk Ibu Hamil/ Foto: iStock

Sebenarnya banyak kok camilan ibu hamil yang bisa divariasikan biar enggak bosan. Dilansir Parents, berikut 5 camilan sehat ibu hamil untuk referensi Bunda.

1. Sereal tinggi serat

Hampir semua sereal mengandung vitamin dan mineral. Selain cepat disajikan, sereal dapat menambah nutrisi ibu hamil.

Bila Bunda tidak suka minum susu, menambahkannya ke sereal bisa membantu melengkapi kebutuhan kalsium tubuh. Lebih baik lagi jika menambahkan buah berry yang mengandung vitamin C dan antioksidan.

2. Buah-buahan dan yogurt

Disarankan ibu hamil banyak konsumsi buah-buahan. Biar lebih menarik, buah bisa menjadi camilan dengan dicampur yogurt rendah gula.

Dengan menambahkan yogurt, Bunda bisa mendapatkan protein dan kalsium. Untuk buah, sebaiknya pilih yang segar ya.

Pilihan Camilan Sehat dan Bernutrisi untuk Ibu HamilPilihan Camilan Sehat dan Bernutrisi untuk Ibu Hamil/ Foto: iStock

3. Kacang almond

Kacang almond adalah camilan tepat yang kaya nutrisi, Bun. Kacang ini mengandung serat, vitamin E, potassium, magnesium, dan lemak tidak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, almond juga kaya kalsium dan besi yang penting untuk kehamilan.

4. Setengah potong pisang

Pisang mungkin buah yang tinggi gula dan kalori. Tapi, enggak ada salahnya dijadikan camilan karena mengandung serat, potassium, vitamin C, dan B6.

Vitamin B6 bagus untuk kesehatan sel darah merah. Bahkan menurut studi, vitamin B dapat mengurangi morning sickness.

5. Snack wortel

Wortel terkenal dengan kandungan antioksidan beta karoten yang tinggi. Untuk camilan, bisa pilih wortel kecil atau muda (baby carrots) atau snack olahan wortel. Agar lebih menarik, Bunda bisa mengombinasikan baby carrots dengan cream rendah lemak.


Simak juga cara membuat camilan sehat untuk mengatasi morning sickness di video berikut ya, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi