sign up SIGN UP search


kehamilan

Kondisi Langka Superfetasi, Hamil 2 Kali Dalam 10 Hari

Annisa Afani Rabu, 17 Mar 2021 13:07 WIB
Beautiful young women in the third trimester of pregnancy Pregnant woman holding arms in her stomach Expecting child concepts White background caption
Jakarta -

Kehamilan merupakan hal diidam-idamkan pasangan suami istri ya, Bunda. Meski begitu, di masa kehamilan kerap kali timbul beragam kejadian yang tak disangka-sangka.

Salah satunya kondisi hamil di tengah kehamilan (kehamilan ganda) atau dalam bahasa medisnya disebut sebagai superfetasi. Bagi sebagian Bunda mungkin merasa aneh, namun hal tersebut benar-benar pernah terjadi.

Superfetasi merupakan kondisi di mana pembuahan terjadi dari satu sel telur dan sel sperma, kemudian membelah dan menjadi dua janin terpisah. Selain itu, hal ini juga bisa terjadi jika dua sel telur yang berbeda akan dibuahi oleh dua sel sperma di saat yang bersamaan.


Sehingga, bisa dipastikan usia kedua bayi kembar sama karena berasal dari siklus menstruasi yang sama.

"Superfetasi terjadi ketika seorang wanita sedang berovulasi lalu hamil, dan beberapa minggu kemudian ia berovulasi kembali, melepaskan sel telur yang kedua dan dibuahi kembali dan terjadilah kehamilan dengan dua bayi secara bersamaan." kata Dr. Nisa Fathoni, Sp.OG.

Banner daun calatheaFoto: HaiBunda

Dengan kondisi seperti itu, maka janin yang dikandung berasal dari dua proses ovulasi berbeda. Biasanya jarak mereka berselang 7-10 hari.

Secara teoritis, superfetasi adalah hal yang mungkin terjadi. Akan tetapi, secara biologis sebetulnya hal ini sangat tidak lazim lho, Bunda.

TERUSKAN MEMBACA DI SINI. 

(AFN/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi