sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda, Cari Tahu Yuk Tinggi Hormon HCG Saat Hamil 1 Minggu

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 15 May 2021 19:06 WIB
Pregnant woman drinking water in the morning caption

Jakarta - Saat kehamilan awal, biasanya banyak Bunda tidak menyadarinya. Padahal, saat kehamilan terjadi tubuh sudah mulai mengalami beberapa perubahan.

Selama dua minggu pertama, sebenarnya belum terbentuk embrio. Saat fase awal tersebut, biasanya tubuh sedang mempersiapkan ovulasi dan melepaskan sel telur dari salah satu ovarium Bunda, seperti yang terjadi selama siklus menstruasi.

Meski belum ada embiro, sel telur Bunda sudah lepas dan siap dibuahi. Bunda pun mungkin belum hamil tetapi mungkin tubuh sudah merasakan gejala yang terkait dengan siklus menstruasi yang biasa, seperti misalnya kram dan perubahan kadar hormon.


Selama menstruasi, yang biasanya berlangsung sekira 4-7 hari, tubuh juga akan melepaskan sejumlah hormon. Hormon yang menandakan dimulainya haid juga merangsang pelepasan hormon seperti LH (luteinising hormone) dan FSH (folical stimulating hormone) di mana membantu pembuahan.

Berbicara mengenai tanda-tanda awal kehamilan, salah satu yang sering dibahas yakni level hCG yang merupakan hormon yang diproduksi plasenta saat hamil. Memang ya, Bunda, ketika Bunda hamil, kadar hCG dapat dideteksi dalam urine dengan tes kehamilan di rumah.

Kadar hCG juga dapat dipantau menggunakan tes darah dan ini dilakukan untuk mengukur perkembangan bayi selama kehamilan. Plasenta disini mulai memproduksi hCG setelah sperma membuahi sel telur, seperti dikutip dari laman Baby Magazine.

Karena itu, biasanya butuh waktu sekira dua minggu agar kadar hCG cukup tinggi untuk dideteksi dengan tes kehamilan. Level hCG rata-rata yakni kurang dari 10 mIU/mL pada wanita tidak hamil dan lebih dari 25 mIU/mL untuk hasil yang positif. 

Melansir dari Todays Parent, hCG merupakan kependekan dari human chorionic gonadotropin. hCG sendiri juga dikenal sebagai hormon yang diproduksi oleh lapisan luar dari struktur awal kehamilan yang disebut blastokista. 

Baca informasi selengkapnya mengenai hormon hCG dengan klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga yuk ciri kehamilan dilihat dari perubahan kulit seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



LEVEL HORMON hCG SAAT HAMIL 1 MINGGU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi