sign up SIGN UP search


kehamilan

Alasan Pagi Hari Jadi Waktu Paling Tepat Gunakan Alat Tes Kehamilan

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 14 Apr 2021 07:00 WIB
Cropped shot of a young woman taking a pregnancy test caption

Jakarta - Alat tes kehamilan menjadi cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah Bunda positif mengandung atau tidak. Selain penggunaannya yang mudah, cara kerjanya pun terbilang efektif dengan hasil yang cukup akurat.

Ya, alat tes kehamilan sejauh ini memang jarang salah. Lebih dari 99 persen alat tes kehamilan menunjukkan hasil akurat. Jadi, ketika hasil alat tes kehamilan negatif, artinya Bunda tidak hamil.

Namun, jika Bunda menggunakannya masih sangat awal dalam kehamilan dan tes dilakukan terlalu dini, biasanya hasilnya tidak sesuai. Kemungkinan, hal ini dikarenakan jumlah hCG urine yang tidak mencukupi untuk dideteksi oleh alat tes kehamilan.


"Jika hasil tes negatif tetapi Bunda sangat curiga bahwa Bunda hamil, ulangilah menggunakan alat tes kehamilan dalam beberapa hari," ujar Professor Tan Thiam Chye, Kepala dan Konsultan Senior, Layanan Rawat Inap, Departemen Obstetri dan Ginekologi Umum di KK Women and Children Hospital (KKH), dikutip dari Healthxchange.

Banner Menu SahurBanner Menu Sahur/ Foto: HaiBunda

Ada contoh yang jarang terjadi ketika level hCG dinaikkan secara sementara dan kemudian turun ke nol. Ini dikenal sebagai kehamilan biokimia dan bisa menjadi hasil positif palsu dari alat tes kehamilan. Namun, kenaikan awal level hCG ini akan segera turun dalam kehamilan biokimia dan menghasilkan tes kehamilan urine negatif.

"Dalam kehamilan biokimia, perdarahan vagina akan terjadi segera setelahnya yang bertepatan dengan menstruasi tertunda. Jarang terjadi, mungkin karena ada tumor ovarium yang mengeluarkan hCG dan hasil positif palsu bisa disalah artikan sebagai kehamilan," tambahnya.

Mengenai waktu pengujian alat tes kehamilan, sesungguhnya Bunda dapat melakukan tes sepanjang hari. Tetapi, spesimen urine pertama di pagi hari biasanya paling terkonsentrasi pada hari itu dan mungkin akan memiliki hormon kehamilan paling banyak di dalamnya.

Bunda dapat menguji urine paling cepat enam hari setelah ovulasi, tetapi hari pertama menstruasi yang terlewat disarankan untuk akurasi terbaik ya, Bunda. Selain alat tes kehamilan, untuk lebih akurat menghasilkan tes, Bunda juga dapat menggunakan tes darah untuk hCG untuk mengukur kadar hormon yang sebenarnya.

Agar tidak salah menggunakan alat tes kehamilan, simak informasi lainnya dengan Klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, simak juga yuk KB sistem kalender dalam video di bawah ini:

Seberapa Akuratkah Alat Tes Kehamilan?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi