sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tips Merencanakan Baby Shower Virtual Saat Pandemi, Dijamin Seru Bun

Nanie Wardhani Selasa, 03 Aug 2021 18:10 WIB
Pregnant woman sits on a Baby shower party setup and looking at the gifts, happy smiling, and exciting caption

Bunda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya baby shower. Di era yang modern ini, banyak Bunda hamil yang tidak hanya melakukan acara tujuh bulanan yang sudah lebih dahulu dikenal dari sisi budaya, tetapi juga melakukan baby shower

Dilansir dari Parents, Baby shower adalah fenomena yang relatif baru, meningkat popularitasnya selama booming bayi tahun 1940-an dan 50-an di Amerika. Saat ini acara ini dipenuhi dengan kegembiraan dan penuh dengan harapan. Untuk memastikan semua orang (termasuk calon ibu) akan bersenang-senang.

Lalu bagaimana dengan mengadakan acara baby shower di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini? Tenang saja, Bunda, bahkan jika Bunda tidak dapat secara fisik berkumpul bersama untuk baby shower teman atau anggota keluarga Bunda, Bunda masih dapat merayakan acara yang menggembirakan itu secara virtual.


Keterbatasan yang terjadi karena social distancing dan karantina telah membuat segala macam perayaan besar dalam kehidupan seperti pernikahan, pesta ulang tahun, dan wisuda jadi harus ditunda. Namun jangan khawatir, Bunda, hanya karena Bunda tidak dapat berkumpul secara fisik, bukan berarti Bunda tidak dapat mengadakan baby shower secara virtual.

Bagaimana tepatnya cara mengadakan pesta baby shower online yang sukses? Berikut tentang cara melakukannya secara virtual, dilansir dari Martha Stewart.

"Baby shower virtual masih menawarkan tingkat keintiman yang tinggi meskipun tidak ada kehadiran secara fisik," kata Lisa Cokinos, pendiri B. Lee Events. "Selain itu, acara ini memungkinkan keluarga, teman atau pun rekan kerja di negara bagian dan negara lain untuk berpartisipasi" katanya.

"Dengan kesibukan yang sering membatasi aktivitas sosial akhir pekan di lingkungan normal, jenis perayaan dengan cara ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk terlibat seperti yang mereka inginkan."

Perencanaan di awal (dengan daftar tamu yang pasti)

Apakah baby shower itu virtual atau tidak, perencanaan di awal selalu menjadi kunci untuk memastikan perayaan berjalan dengan lancar. Mirip dengan acara non-virtual, siapa pun yang mengadakan baby shower harus mengatur semuanya mulai dari mengatur tanggal, waktu, pendaftaran, dan daftar tamu untuk acara tersebut. Acara virtual yang besar bisa agak menyibukkan, jadi penting untuk membuat daftar tamu yang pasti serta jadwal acara yang jelas untuk mengelola acara.

Kirim undangan elektronik

Setelah daftar tamu Bunda telah siap, langkah selanjutnya adalah mengirimkan undangan elektronik. Etsy, Paperless Post, Evite, dan Green Envelope menawarkan lusinan opsi keren dan bertema untuk mengatur undangan virtual. Undangan harus memuat tema, mencantumkan tanggal, waktu, pendaftaran situs web, login, kata sandi untuk platform streaming, dan jadwal acara sehingga tamu yang tidak dapat bergabung segera pada waktu yang ditentukan masih dapat berpartisipasi dalam waktu yang ditentukan.

Hanya hiasi satu ruangan di rumah Bunda

Bisa dibilang keuntungan terbesar dari mengadakan baby shower virtual adalah Bunda tidak akan terlalu direpotkan dengan beres-beres setelah pesta, itulah sebabnya Bunda harus tetap mendekorasi satu ruangan di rumah untuk acara tersebut. Tergantung pada tema acara yang ditetapkan, koordinasikan dekorasi (balon, spanduk, dan/atau motif bunga) agar sesuai dengan undangan. Dekorasi ini akan dipusatkan di satu area rumah tamu kehormatan sehingga dapat dilihat oleh peserta virtual.

Hadiah secara elektronik

Karena platform virtual sering memungkinkan sekelompok besar peserta maka direkomendasikan untuk menyederhanakan proses pemberian hadiah secara elektronik. Beberapa hari sebelum acara, minta peserta yang telah melakukan pembelian di e-commerce untuk menunjukkan kepada Bunda hamil apa yang dibeli dan memberikan info melalui email. Kumpulkan hadiah dalam tayangan slide bersama dengan catatan dari pemberi hadiah sehingga orang tua dapat melihat apa yang akhirnya akan mereka dapatkan. 

Pertimbangkan platform yang berbeda

Platform terbaik untuk pertemuan kelompok besar tetap dimiliki oleh Zoom karena hingga 100 orang dapat berpartisipasi dan Bunda dapat merekam seluruh acara sehingga calon orang tua dapat menontonnya berulang kali hingga 30 hari. Namun, jika video bukan milik Bunda, maka Bunda bisa coba situs web yang dikhususkan hanya untuk baby shower virtual.

Mereka menawarkan tempat all-in-one untuk semua kebutuhan baby shower Bunda, termasuk situs yang dapat disesuaikan dan undangan tak terbatas, buku tamu virtual yang dapat Bunda cetak saat acara selesai, permainan dan kuis baby shower online, foto pribadi dan juga album video.

Jadi jangan khawatir acara baby shower tidak bisa dilakukan di saat pandemi seperti sekarang ini Bunda, dengan konsep virtual ini, Bunda tetap bisa merasakan hangatnya sambutan teman dan keluarga Bunda terhadap Si Kecil walaupun secara virtual dan dari jarak jauh.

 

(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!