sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tips Gelar Baby Shower Virtual Saat Pandemi Corona, Hiburan untuk Ibu Hamil

Siti Hafadzoh Kamis, 21 May 2020 19:38 WIB
Pregnant woman welcoming gussets to her baby shower party Tips Gelar Baby Shower Virtual Saat Pandemi Corona/ Foto: iStock
Jakarta -

Ibu muda biasanya mengadakan baby shower ketika hamil nih, Bunda. Tapi, di saat pandemi corona seperti sekarang ini, kita tidak bisa mengadakan baby shower dengan sahabat dan keluarga.

Kita semua perlu menjaga jarak, termasuk untuk ibu hamil. Bunda yang sedang hamil mungkin khawatir corona akan berdampak bagi tubuh dan bayinya.

Menurut Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), tidak ada bukti bahwa ibu hamil lebih berisiko sakit lebih parah terkait COVID-19. Tapi, karena perubahan bentuk dan sistem kekebalan tubuh, ibu hamil sangat rentan terkena infeksi pernapasan.


"Karena itu penting bahwa ibu hamil harus mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi diri terhadap COVID-19, dan melaporkan kemungkinan gejala (termasuk demam, batuk, atau kesulitan bernafas) ke fasilitas kesehatan pemberi layanan kesehatan," tulis POGI di laman resminya.

Karena itu Bunda yang sedang hamil sebaiknya di rumah saja. Tidak perlu sedih karena tidak bisa mengadakan baby shower. Acara ini bisa saja kok dilakukan secara virtual.

Baby shower virtual bisa menjadi hiburan buat Bunda agar tidak tegang memikirkan proses kelahiran di tengah pandemi corona. Selain itu, baby shower virtual juga bisa menjadi ajang silaturahmi ya sama teman-teman. Dijamin bikin hati senang dan enggak boros di kantong.

Pregnant woman welcoming gussets to her baby shower partyIlustrasi baby shower/ Foto: iStock

Bunda tertarik mengadakan baby shower secara virtual? Nah, dikutip dari What to Expect, ini 5 tips menyiapkan baby shower virtual di tengah pandemi corona:

1. Pilih platform

Langkah pertama yang dilakukan adalah memilih platform untuk baby shower virtual. Ada beberapa platform yang dapat Bunda pilih, seperti Skype, Google Hangouts, Zoom, dan sebagainya.

Pastikan semua orang bisa terhubung dalam platform tersebut ya, Bunda. Sebaiknya, pilih platform yang mudah digunakan supaya semua orang bisa mengaksesnya.

2. Buat timeline

Sama seperti acara sungguhan, baby shower virtual juga butuh timeline acara lho. Jadwal acara ini membantu baby shower berjalan lancar dan tepat waktu.

3. Kirim undangan

Selanjutnya, kirim undangan ke orang-orang terdekat, seperti sahabat dan keluarga. Bunda dapat mengirim undangan dengan desain lucu secara online.

4. Siapkan dekorasi

Menghias latar bridal shower dengan meriah dan lucu merupakan pilihan Bunda sendiri. Tapi, dekorasi ini membantu Bunda merasa meriah ketika mengadakan baby shower virtual.

5. Games virtual

Nah, supaya acara semakin seru, Bunda bisa mengadakan games nih. Ada banyak permainan yang bisa dilakukan secara virtual.

Permainan yang bisa jadi inspirasi adalah tebak harga perlengkapan bayi, tebak lagu bayi, serta tebak jenis kelamin bayi. Terdengar menyenangkan ya, Bunda meski hanya bertemu lewat virtual.

Semoga menginspirasi ya, Bunda!

Lihat juga ciri hamil dilihat dari kulit berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi