sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Jalani Kehamilan Sehat dan Aman di Tengah Pandemi COVID

Meita Fajriana Senin, 05 Jul 2021 14:11 WIB
Portrait of a beautiful pregnant young woman wearing disposable medical face mask in the spring park during coronavirus outbreak. Safety in a public place while epidemic of covid-19. caption

Hamil saat kondisi pandemi tentunya memberikan tantangan tersendiri ya. Mau tak mau, Bunda harus ekstra hati-hati tapi jangan sampai menjadi frustrasi. Selain itu kondisi pandemi membuat kesempatan Bunda mendapatkan pelayanan kesehatan menjadi terbatas. 

Jika Bunda saat ini sedang hamil, semangat dan tetap taati protokol kesehatan ya demi kesehatan Bunda, keluarga, dan tentunya si calon bayi. Beri tahu juga kepada keluarga untuk ikut sadar akan kesehatan masing-masing sehingga dapat melindungi perkembangan bayi di dalam kandungan Bunda. 

Mempersiapkan persalinan adalah hal menyenangkan dan ditunggu-tunggu, tetapi pembatasan pelayanan kesehatan akibat pandemi COVID-19 juga berpengaruh pada perawatan ibu hamil. Akibat gerakan social distancing atau isolasi mandiri, bahkan ada beberapa ibu yang terpaksa melahirkan bayi tanpa dukungan pasangan atau keluarga. Ada pula yang dirawat terpisah dari bayi mereka yang baru lahir setelah persalinan. 


Pandemi juga membuat calon orang tua melewatkan banyak perayaan dan ritual transisi seperti baby shower, acara adat, dan kunjungan tetangga hingga kedatangan kakek nenek untuk bertemu cucu mereka yang baru saja lahir.

"Sebagai seorang ibu dan fotografer yang pekerjaannya berfokus pada keluarga muda, saya hampir tidak dapat membayangkan betapa menakutkannya keadaan ini bagi perempuan hamil dan ibu baru serta keluarga mereka," kata Raingold yang berbasis di Bristol, UK dikutip dari laman BBC, Senin (28/6).

Meskipun penuh dengan keterbatasan, Bunda tak perlu sampai stres ya. Nikmati saja prosesnya yang akan membuat Bunda dan calon bayi semakin kuat. Semangat terus Bunda yang hamil di masa pandemi ini. 

Supaya tetap sehat dan aman dari COVID-19 saat hamil, yuk simak tipsnya di halaman berikut Bunda.

Agar Bunda tak mudah stres saat hamil, saksikan video ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



PANDUAN HAMIL SAAT PANDEMI DARI WHO
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi