sign up SIGN UP search


kehamilan

6 Tanda Awal Kehamilan, Mulai dari yang Umum Hingga yang Jarang Disadari

Tim HaiBunda Jumat, 03 Sep 2021 07:10 WIB
Tanda Hamil caption
Jakarta -

Tanda awal kehamilan merupakan suatu pertanda yang sangat dinantikan oleh para Bunda yang sedang mendambakan calon Si Kecil. Perlu diketahui bahwa tanda bahwa seorang perempuan hamil bisa jadi berbeda karena kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda.

Berikut ini adalah tanda-tanda awal kehamilan yang perlu diketahui:

1. Terlambat menstruasi

Tanda ini memang cukup umum dialami oleh perempuan sebagai ciri tanda awal kehamilan. Tanda ini terjadi ketika waktu menstruasi mundur 4 - 5 hari dari jadwal atau waktu yang seharusnya.


Perkembangan Janin Usia 2 BulanPerkembangan Janin Usia 2 Bulan/ Foto: Mia Kurnia Sari

Apabila setelah melakukan hubungan seks kemudian mengalami tanda ini, maka kemungkinan besar bahwa Bunda sedang hamil. Meski demikian, terlambat menstruasi belum tentu menjadi ciri tanda awal kehamilan karena terlambat menstruasi juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti perubahan hormon, stres, kelelahan, dan berbagai faktor lainnya.

2. Mual dan muntah-muntah

Mengetahui tanda awal kehamilan berikutnya bisa dideteksi apabila Bunda mengalami mual dan muntah-muntah. Tanda awal ini memang cukup sering dialami oleh perempuan pada masa mulai kehamilannya.

Hal ini terjadi karena hormon perempuan yang sedang hamil mengalami perlambatan. Sehingga menyebabkan pengosongan perut dan berakibat pada mual dan bahkan muntah.

Tanda awal kehamilan ini muncul pada minggu ke-6 usia kehamilan. Tapi tak sedikit wanita yang mengalami tanda kehamilan ini di minggu ke-2 usia kehamilan. Keadaan tersebut dapat berbeda-beda pada setiap perempuan dikarenakan kondisi setiap wanita berbeda.

3. Perubahan payudara

Untuk mengetahui tanda awal kehamilan berikutnya ialah perubahan payudara. Biasanya perempuan yang sedang hamil muda akan merasakan sedikit perubahan payudara yaitu payudara lebih kencang, keras, dan bahkan sampai merasakan nyeri atau sensitif.

Tanda ini memang umum terjadi dan Bunda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Perubahan di payudara ini terjadi karena meningkatnya jumlah progesteron dan esterogen. Pada kasus ini disarankan untuk menggunakan penyangga payudara yang nyaman dan mendukung payudara dengan baik.

4. Sering buang air kecil

Tanda awal kehamilan yang jarang disadari adalah sering buang air kecil. Seringnya buang air kecil sebagai tanda kehamilan dikarenakan tingginya hormon human chorionic gonadotropin (hCG).

Perempuan umumnya tidak menyadari hal ini sebagai ciri tanda awal kehamilan karena bisa saja seringnya buang air kecil diakibatkan oleh tanda suatu penyakit seperti diabetes, infeksi saluran kemih, atau dikarenakan penggunaan obat.

5. Suasana hati yang berubah-ubah

Perubahan suasana hati memang menjadi ciri tanda awal kehamilan yang kurang umum, namun tak jarang beberapa perempuan yang sedang hamil mengalami ini. Suasana hati yang berubah-ubah terjadi karena perubahan hormon yang menyebabkan Bunda merasa gelisah dan terkadang menjadi mudah marah.

6. Sembelit

Sembelit pada awal kehamilan terjadi karena tingginya kadar hormon progesteron yang menyebabkan pergerakan usus menjadi lambat. Tanda ini biasa terjadi di awal masa kehamilan namun tak jarang dapat terjadi pada bulan selanjutnya.

Itu dia beberapa tanda awal kehamilan yang umum hingga yang tak terduga yang biasa terjadi pada perempuan. Jika sudah mengalami tanda-tanda tersebut, Bunda sudah bisa mempertimbangkan uji test pack atau datang langsung ke dokter kandungan. (PK)

Simak juga video berikut mengenai tujuh keluhan umum saat hamil trimester pertama.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!