sign up SIGN UP search


kehamilan

Perkembangan Janin saat Hamil 2 Bulan, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Senin, 23 Aug 2021 19:55 WIB
3D Ultrasound image caption
Jakarta -

Usia kehamilan dua bulan dimulai saat memasuki minggu kelima sampai kedelapan. Di trimester pertama kehamilan ini, Bunda mulai merasakan banyak perubahan pada tubuh karena janin mulai berkembang.

Beberapa Bunda merasa bahwa baby bump sudah mulai muncul di usia kehamilan dua bulan ini. Kondisi tersebut wajar dan kemungkinan disebabkan oleh perut kembung atau perubahan hormon.

Dilansir Healthline, hormon bisa melonjak dan menyebabkan banyak retensi urine. Kondisi ini mirip seperti saat Bunda merasa berat badan bertambah sebelum haid.


Di usia kehamilan dua bulan, Bunda sudah bisa memeriksakan kandungan dengan ultrasonografi (USG) ya. Biasanya pemeriksaan ini dilakukan antara usia kehamilan 6 sampai 8 minggu.

USG dilakukan untuk mengetahui kondisi kehamilan, seperti dugaan kehamilan ektopik dan usia kehamilan. Nah, karena janin masih sangat kecil, pemeriksaan USG yang dilakukan adalah transvaginal.

Ciri hamil 2 bulan

Memasuki usia kehamilan dua bulan, Bunda akan mengalami banyak perubahan tubuh atau ciri hamil karena peningkatan hormon. Berikut ciri hamil dua bulan yang bisa dialami:

  • Morning sickness terus-menerus
  • Perut kembung
  • Nafsu makan menurun atau enggan makan
  • Sering buang air kecil (BAK)
  • Perubahan ukuran payudara
  • Produksi air liur berlebihan
  • Perut sembelit
  • Pusing
  • Kram ringan

Di usia kehamilan ini, Bunda juga dapat mengalami pendarahan atau bercak. Hal ini umum terjadi hingga 25 persen dan tidak selalu berakhir pada masalah kehamilan.

Gynecologist showing patient ultrasound of fetus on tablet. Diagnosis and management of pregnancy conceptIlustrasi Pemeriksaan USG/ Foto: Getty Images/iStockphoto/megaflopp

Perkembangan janin saat hamil 2 bulan

Dilansir berbagai sumber, berikut perkembangan janin saat hamil dua bulan atau usia kehamilan 5 sampai 8 minggu:

Usia kehamilan 5 minggu

Menurut dr. Iskandar Junaidi dalam buku Kehamilan Sehat & Mengatur Jenis Kelamin Anak, ukuran zigot di minggu kelima ini sebesar biji apel yang disebut embrio. Nah, embrio ini sudah memiliki detak jantung sendiri, plasenta, dan tali pusat yang sudah bekerja sepenuhnya. Tak hanya itu, vesikel-vesikel otak primer mulai terbentuk dan sistem saraf mulai berkembang.

"Selain itu, tonjolan bakal tangan dan kaki bayi mulai terlihat dan akan terus tumbuh sampai terbentuk jari-jari," kata Iskadar.

"Pembentukan telinga bayi juga makin jelas dengan terbentuknya duktus endolimfatikus, yakni saluran untuk menyalurkan cairan yang terdapat dalam selaput labirin telinga dalam."

Usia kehamilan 6 minggu

Pada minggu ini, embrio sudah terbentuk seperti berudu atau anak katak. Bagian kepala, ekor, dan tangan sudah dapat dikenali.

Di usia kehamilan ini, terjadi pembentukan bakal jadi hati, pankreas, paru-paru, kelenjar tiroid, dan jantung. Selain itu, pembuluh-pembuluh nadi di bagian kepala makin jelas dan terbagi-bagi menurut tugas masing-masing.

Di minggu ini, lubang yang akan membentuk mulut sudah tampak. Begitu juga struktur mata sudah terbentuk meski jaraknya masih berjauhan. Di tengah-tengah wajah, muncul tonjolan hidung.

Dr. Dr. H. Imam Rasjidi, SpOG (K) Onk dalam buku Panduan Kehamilan Muslimah menjelaskan bahwa pada minggu ini, tabung neural yang menghubungkan otak dengan sumsum tulang belakang telah menutup. Organ-organ janin yang lain juga sudah mulai banyak berkembang.

"Organ tubuh lain yang juga mulai berkembang pada usia kehamilan ini adalah lapisan pembungkus saraf, penciuman, kandung kemih, jari, bahkan otot punggung," ujar Imam.

Usia kehamilan 7 minggu

Pada minggu ini, embrio diperkirakan berukuran sekitar 11 sampai 17 milimeter (mm). Perbesaran kepalanya relatif stabil, sementara tubuh yang menyerupai kubus mengalami pemanjangan, meski masih terlihat membungkuk seperti udang. Bagian ujung yang semula terlihat seperti ekor kecebong menghilang akibat nekrosis atau kematian jaringan secara fisiologis.

Perkembangan area wajah sudah tampak jelas di usia kehamilan ini, Bunda. Ujung hidung dan tonjolan telinga tampak jelas membentuk daun telinga, meski kelopak mata masih terlihat samar.

Sedangkan, tunas-tunas lengan sudah menyiku dan jari-jari tangan sudah mengarah untuk terpisah satu sama lain. Tunas tangan berkembang lebih cepat dibandingkan organ kaki.

Pada minggu ini, proses perkembangan tulang tubuh akan dimulai, begitu pula persendian di bahu, panggul, dan lutut. Organ jantung janin sudah mulai terbagi menjadi bilik kanan dan kiri, serta berdenyut sekitar 150 kali per menit atau kurang lebih dua kali lebih cepat dari orang dewasa.

"Sekitar tahapan kehamilan ini, bayi mulai melakukan gerakan pertama, tetapi ibu belum bisa merasakannya," kata Imam.

Usia kehamilan 8 minggu

Di akhir usia kehamilan dua bulan ini, ukuran embrio mencapai 27 sampai 31 mm. Bentuk kepala bulat dan wajah sudah mulai tampak kerana tertariknya bagian antara dahi dan pangkal hidung.

Selain itu, langit-langit mulut, kelopak mata, serta daun telinga luar mulai terbentuk. Organ jantung dan otak juga semakin kompleks dengan organ-organ lain yang mulai berkembang.

Secara keseluruhan, janin sudah menyerupai bayi degan berat sekitar 5 gram. Meski masih lemah, pembentukan rangka tubuh secara keseluruhan sudah selesai dan lengkap terbentuk.

Semua organ tubuh juga mulai bekerja, meski belum sempurna. Otak diperkirakan sudah mulai mengirim sinyal atau perintah ke organ atau hati untuk memproduksi sel-sel darah. Bayi dalam kandungan sudah bisa bergerak tak teratur dengan intensitas sekitar 60 kali gerakan per jam. Pergerakannya bisa dideteksi melalui pemeriksaan USG.

Bunda juga patut bahagia karena jaringan kulit, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak bayi mulai terbentuk di usia kehamilan ini. Jantungnya pun berdetak dengan frekuensi 120 kali per menit.

Simak juga 7 keluhan umum saat hamil di trimester pertama, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!